30 Pasutri Ikut Isbat Nikah

Sebanyak 30 pasangan suami istri (pasutri), dari Kecamatan Makmur, Bireuen, Rabu (31/10) mengikuti isbat nikah

30 Pasutri Ikut Isbat Nikah
SEJUMLAH pasangan suami istri yang belum ada atau buku nikah hilang, mengikuti isbat nikah di Gedung Serbaguna Kantor Camat Makmur, Bireuen, Rabu (31/10). 

BIREUEN - Sebanyak 30 pasangan suami istri (pasutri), dari Kecamatan Makmur, Bireuen, Rabu (31/10) mengikuti isbat nikah bertempat di aula gedung serbaguna Kantor Camat Makmur. Isbat nikah bagi masyarakat miskin dan korban konflik yang belum memiliki buku nikah difasilitasi Dinas Syariat Islam (DSI), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Mahkamah Syariah Bireuen, KUA Makmur, serta camat setempat.

Kadis DSI Bireuen, H Jufliwan SH MM mengatakan, isbat nikah bagi pasangan warga miskin serta korban konflik merupakan salah satu cara Pemkab, membantu masyarakat untuk mendapatkan hak atas pengakuan nikah mereka yang sudah dilaksanakan beberapa tahun lalu.

“Pernikahan mereka sah, namun belum mengantongi buku nikah atau buku nikahnya hilang, serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki. Kami berharap dengan pelaksanaan isbat nikah, masyarakat Bireuen tidak ada lagi yang tidak memiliki akte nikah dan akte kelahiran pada tahun 2018 ini, “ jelas Jufliwan.

Isbat nikah adalah pengesahan secara hukum terhadap ikrar nikah yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiataan tersebut diperuntukkan bagi korban konflik, dan warga miskin dilaksanakan secara terpadu tanpa mengutip biaya. Dalam isbat nikah itu, pasutri membawa dua orang saksi guna mengikuti sidang tersebut. Kemudian, dikeluarkan surat penetapan nikah yang diserahkan ke KUA, dan diterbitkan buku nikah.

Akta nikah diperlukan dalam berbagai kepengurusan administrasi kependudukan misalnya membuat akte kelahiran anak, kartu penduduk dan lain sebagainya. Turut hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs H Zulkifly Idris MPd, Plt Ketua Mahkamah Syar’iyah, Drs Ibrahim Basyah, KUA Kecamatan Makmur, Halim Mubary SHi, Camat Makmur, Azmi SAg dan unsur Muspika.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved