Minggu, Plt Gubernur Buka Jambore Penyuluh

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mengadakan Jambore Penyuluh Pertanian Ke-2 pada 4-6 November 2018

Minggu, Plt Gubernur Buka Jambore Penyuluh

BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mengadakan Jambore Penyuluh Pertanian Ke-2 pada 4-6 November 2018 di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh, Aceh Barat. Acara yang diikuti sekitar 3.000 penyuluh dari seluruh Aceh itu menurut rencana akan dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Minggu (4/11) lusa.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, A Hanan SP MM, kepada Serambi kemarin mengatakan, persiapan untuk pelaksanaan kegiatan itu sudah selesai semuanya.

Menurut Hanan, jambore itu diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba tanam padi jarwo menggunakan rice transplanter, lomba pidato penyuluhan berbasis syariah, unjuk tangkas, publikasi kegiatan penyuluhan melalui vlog dan cyber extention, serta lomba yel-yel penyuluh.

Selain aneka kegiatan untuk penyuluh, sebutnya, dalam jambore tersebut juga akan digelar seminar nasional, pameran Satuan Kerja Perangkat Kaupaten (SKPK) Aceh Barat, promosi pangan lokal oleh Dinas Pangan Aceh, expo ternak, pameran, dan pemberian penghargaan kepada pelaku pertanian dan perkebunan berprestasi.

Saat seminar nasional, sebut A Hanan, akan hadir pembicara seperti Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dr Ir Momon Rusmono MS, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPP Perhiptani), Dr Ir H Isran Noor MSi yang juga Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua KTNA nasional, dan dari Balitbangtan.

Menurutnya, jambore tersebut akan menerapkan pola seperti Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang berlangsung di Banda Aceh pada medio 2017 lalu. Saat itu peserta diinapkan pada rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi kegiatan.

Ia berharap, jambore yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali tersebut menjadi ajang pertukaran informasi, inovasi, dan teknologi di kalangan penyuluh pertanian. “Dalam kegiatan ini kita juga berharap penyuluh dapat mengadopsi inovasi dan teknologi dari Balitbangtan, BPTP, dan lembaga lain sehingga nanti dapat diterapkan dalam mendukung kebijakan pembangunan sektor pertanian,” harap A Hanan.

Ditambahkan, kegiatan ini sekaligus merupakan ajang bagi penyuluh pertanian se-Aceh untuk menunjukkan kompetensi di bidang inovasi teknologi pertanian, unjuk tangkas keterampilan, dan kemampuan mengikuti perkembangan informasi terbaru di bidang pertanian. “Banyaknya tamu yang hadir ke acara ini juga dapat meningkatkan gairah ekonomi lokal masyarakat Meulaboh khususnya dan Aceh Barat umumnya,” ujar Hanan.

Karena itu, Kadistanbun Aceh berharap semua penyuluh di Aceh dapat berpartisipasi dan memeriahkan acara tersebut sehingga peran penyuluh sebagai ujung tombak pertanian akan semakin nyata dan mampu mewujudkan Aceh sebagai daerah lumbung pangan nasional. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved