Distan Agara Desak Rekanan Salurkan Bantuan Sapi Betina

Dinas Pertanian (Distan) Aceh Tenggara (Agara) mendesak pihak rekanan agar segera menyalurkan bantuan

Distan Agara Desak Rekanan Salurkan Bantuan Sapi Betina
Kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan (Kadiskeswannak) Aceh Tenggara, Ir M Sragafa Mpd MSi, memberikan arahan kepada penerima ternak sapi bali bantuan di Lapangan Kute Tengah, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kamis (17/11). Bantuan ternak sapi bali secara simbolis diserahkan oleh Bupati Agara, Ir H Hasanuddin B MM untuk 16 Kecamatan di Agara. SERAMBI /ASNAWI 

KUTACANE - Dinas Pertanian (Distan) Aceh Tenggara (Agara) mendesak pihak rekanan agar segera menyalurkan bantuan ternak sapi betina kepada kelompok peternak penerima manfaat.

Desakan itu disampaikan Kadistan Agara, Asbi SE, mengingat kontrak pengadaan sapi tersebut akan berakhir pada Desember ini. Belum lagi persoalan lain seperti kondisi medan jalan yang berat dan musim penghujan.

“Makanya kita desak ini secepatnya disalurkan agar tidak terkendala dan peternak juga tidak bertanya-tanya,” katanya kepada Serambi, Jumat (2/10).

Namun ia mengingatkan, pengadaan ternak sapi betina yang sumber pendanaannya dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) itu harus sesuai dengan spek, yakni tingginya harus 110 centimeter.

Hal itu perlu ia sampaikan mengingat pengadaan sebelumnya ada yang tidak sesuai spek. Asbi menyebutkan, pihak rekanan sebelumnya telah menyalurkan 40 ekor sapi betina. Tetapi sayangnya, hanya 16 ekor yang sesuai spek, sedangkan sisanya sebanyak 24 ekor lagi dikembalikan kepada pihak rekanan.

Setiap kelompok ternak akan mendapatkan 10 ekor sapi. Dari 16 ekor sapi yang telah disalurkan, sebanyak 10 ekor diserahkan kepada kelompok ternak di Desa Mendabe, dan 6 ekor kepada kelompok ternak Mbatu Bulan Sepakat. “Sisanya empat ekor lagi akan kita berikan setelah ternak bantuan berikutnya datang,” imbuhnya.

Terpisah, Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Agara, M Saleh, menyebutkan, jumlah ternak sapi pengadaan dari DOKA keseluruhan berjumlah 300 ekor. Ia mengingatkan agar seluruh sapi tersebut disalurkan sesua dengan spek yang telah ditentukan.

“Kita juga ingin tahu berapa besar anggaran pengadaansapi per ekornya. Ini sangat penting karena kita inginkan ternak yang dibagikan itu harus sesuai spek, baik tingginya, berat badan, dan kesehatan ternak,” demikian M Saleh.(as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved