Lintas Banda Aceh-Calang Longsor

Jalan nasional yang menghubungkan Banda Aceh menuju Calang, Aceh Jaya longsor pada kilometer 132, tepatnya di kawasan Gunong Cuencrang

Lintas Banda Aceh-Calang Longsor - kondisi-jalan-nasional_20181103_104122.jpg
Kondisi jalan nasional di kawasan kilometer 132 Gunong Cuencrang, Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya yang ditutupi longsor.foto/ist
Lintas Banda Aceh-Calang Longsor - kondisi-jalan-nasional-kawasan-km-132_20181103_104254.jpg
Kondisi jalan nasional kawasan km 132 setelah dibersihkan.FOTO/IST

* Badan Jalan Tertutup Batu dan Lumpur

CALANG - Jalan nasional yang menghubungkan Banda Aceh menuju Calang, Aceh Jaya longsor pada kilometer 132, tepatnya di kawasan Gunong Cuencrang, Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Jumat (2/11) siang. Eksesnya, arus lalu lintas sempat lumpuh total selama empat jam karena seluruh badan jalan tertutup material longsor seperti batu dan lumpur.

Informasi yang diperoleh Serambi, kemarin, kejadian longsor itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, atau tepat menjelang waktu shalat Jumat. Diduga, longsor tersebut terjadi karena hujan deras yang mengguyur kawasan itu, sejak Kamis (1/11) malam.

Salah seorang saksi mata menjelaskan, sebelum tertutup total pada Jumat siang, badan jalan di kilometer 132 itu memang sudah mulai ditimpa material longsor, sejak malam kemarin. “Longsor memang sudah terjadi, sejak malam kemarin, cuma hanya menutupi sebagian badan jalan saja, sehingga masih bisa dilewati. Tapi, ini tadi (kemarin-red), longsor susulan terjadi dan bongkahan longsor juga sangat besar, makanya semua badan jalan tertutup,” jelas saksi mata kepada Serambi, Jumat (2/11).

Menurutnya, setelah longsor susulan terjadi, jalan tersebut memang sama sekali sudah tidak bisa lagi dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. “Jadi, setelah longsor susulan ini, jalan itu memang sudah tidak bisa dilewati lagi karena seluruhnya sudah ditutupi oleh bebatuan yang jatuh saat longsor. Jadi, bagi yang mau ke Banda Aceh atau sebaliknya, mereka harus menggunakan jalan alternatif, yaitu melewati jalan lama,” tukasnya.

Kasat Lantas Polres Aceh Jaya, Iptu Iswandi menjelaskan, paska badan jalan nasional tertutupi material longsor, pihaknya langsung mengalihkan arus lalu lintas yang hendak melewati kilometer 132, kawasan Gunong Cuencrang ke jalan alternatif yakni rute jalan lama. “Disitu kan ada jalan alternatif, jadi kita arahkan pengendara ke situ agar lalu lintas bisa lancar,” tandasnya.

Lalu Lintas Lumpuh 4 Jam
Ekses tertutupnya badan jalan nasional lintas Banda Aceh-Calang di kilometer 132, kawasan Gunong Cuencrang, Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya oleh material longsor, arus lalu lintas sempat lumpuh total selama empat jam, mulai pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB. Lalu lintas baru normal kembali pada Jumat (2/11) sore, setelah alat berat membersihkan material longsor dari badan jalan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Bencana BPBD Aceh Jaya, Ismail. “Setelah tadi (kemarin-red), dikerahkan 1 unit alat berat jenis excavator (beko) dari Satker Badan Jalan Negara Balai Aceh Jaya,” terangnya. Ia mengatakan, jika bebatuan longsor yang menutupi badan jalan mencapai ketinggian 1,5 meter dengan lebar mencapai 5 meter.

Sementara itu, Kapolres Aceh Jaya, AKBP Eko Purwanto ikut turun langsung ke lokasi untuk meninjau titik longsor. “Sekarang sudah bisa lewat, sudah lancar,” ucapnya kepada Serambi, Jumat (2/11).(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved