MAA Gelar Pelatihan Peradilan Adat

Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh menggelar pelatihan Peradilan Adat yang diikuti para orang tua

MAA Gelar Pelatihan Peradilan Adat
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Majelis Adat Aceh (MAA) menggelar musyawarah mufakat di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, 22-25 Oktober 2018. 

BANDA ACEH - Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh menggelar pelatihan Peradilan Adat yang diikuti para orang tua dan tokoh adat dari 90 gampong yang ada di Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin, Kamis (1/11) itu dibuka Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Wali Kota Aminullah menyampaikan beberapa harapan kepada masyarakat adat. Dia berharap kepada tuha adat gampong agar dapat menjalankan fungsinya dalam menyelesaikan perselisihan adat. Apalagi kini para tuha adat telah diberikan ruang untuk menyelesaikan sengketa adat sesuai dengan koridor syariah.

Pemko Banda Aceh, sambungnya, akan mendukung setiap upaya untuk menggerakkan pelestarian adat di tengah-tengah masyarakat. “Salah satunya nanti akan kita canangkan pengunaan satu hari berbahasa Aceh di Kota Banda Aceh,” ujar Wali Kota.

Sementara Ketua MAA Banda Aceh, H Bachtari Arahas menyebutkan, kegiatan ini diikuti 90 peserta dari seluruh gampong yang ada Banda Aceh. “Tujuan pelatihan peradilan adat ini untuk menyamakan persepsi pemuka adat dalam menyelesaikan perselihan adat di gampong masing-masing,” katanya.(aji)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved