Breaking News:

Orang yang Kesepian Ternyata 50 Persen Berisiko Menyebabkan Kematian di Usia Muda, Kok Bisa?

Melihat 218 penelitian, mereka menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko kematian seseorang lebih dari obesitas

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

SERAMBINEWS.COM - Kesepian lebih mematikan daripada obesitas dan harus dianggap sebagai risiko kesehatan masyarakat, para ahli memperingatkan dalam penelitian terbaru.

Ketika para peneliti di AS melihat efek kesehatan dari kesepian dan isolasi sosial, mereka dilaporkan menemukan bahwa mereka yang memiliki koneksi sosial yang buruk memiliki 50 persen peningkatan risiko kematian dini, dibandingkan dengan mereka yang memiliki koneksi sosial yang baik.

Melihat 218 penelitian, mereka menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko kematian seseorang lebih dari obesitas, yang meningkatkan risiko kematian hingga 30 persen.

Dr. Julianne Holt-Lunstad, penulis utama dan profesor psikologi di Universitas Brigham Young, mengatakan, "Menjadi terhubung dengan orang lain secara sosial secara luas dianggap sebagai kebutuhan dasar manusia, penting untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup."

Baca: Selain Masuk Daftar 5 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak, Ikan Teri Juga Punya Manfaat Ini

Baca: Hajarul Akbar Terpilih Jadi Wakil RI ke MTQ Internasional XIV di Maroko

()

"Sayangnya banyak penduduk AS sekarang mengalami isolasi secara teratur."

Dia menyarankan bahwa prioritas yang lebih besar harus ditempatkan pada penelitian dan sumber daya untuk mengatasi kesepian, seperti keterampilan sosial untuk anak-anak di sekolah.

Ia juga menambahkan, "Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini, dan besarnya risiko melebihi dari banyak indikator kesehatan terkemuka."

"Banyak negara di dunia sekarang menyarankan kita menghadapi 'epidemi kesepian'. Tantangan yang kita hadapi sekarang adalah apa yang dapat dilakukan tentang hal itu."

Studi lain yang dirilis pada tahun 2018 menyatakan bahwa hampir separuh dari semua orang Amerika merasa kesepian, dengan orang-orang muda, khususnya, menanggung beban dari rasa sakit ini.

Baca: Dapat Membahayakan Kesehatan, Jangan Biasakan Tidur dengan Kipas Agin Menyala Semalaman

Baca: Diyakini Sebagai Tanda Lahirnya Pemimpin yang Adil, Bunga Udumbara Mekar 3.000 Tahun Sekali

()

Ketika firma asuransi kesehatan Cigna melakukan survei nasional terhadap 20.000 orang dewasa, mereka tampaknya menemukan generasi yang lahir antara pertengahan 1990-an dan awal 2000-an terasa paling kesepian, memiliki skor kesepian rata-rata 48,3.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved