RSUD Bireuen Layani Operasi Retina

RSUD dr Fauziah Bireuen dipastikan memiliki layanan operasi retina mata (operasi vitrectomy)

RSUD Bireuen Layani Operasi Retina
MUKHTAR MARS, Direktur RSUD Bireuen

BIREUEN – RSUD dr Fauziah Bireuen dipastikan memiliki layanan operasi retina mata (operasi vitrectomy). Sabtu (3/11) kemarin, layanan tersebut diresmikan Bupati Bireuen, H Saifannur.

Sebelum acara peresmian, dr Anggun Rama Y SpM (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) memaparkan berbagai sarana pendukung, dan berbagai jenis operasi mata. Di mana operasi mata melalui slide, pemaparan menyangkut berbagai jenis penyakit mata, serta cara operasi retina tersebut. “Layanan operasi retina ini satu-satunya di Aceh yang dimiliki rumah sakit bertipe B,” kata Anggun Rama.

Direktur RSUD Bireuen, dr Muktar MARS dalam sambutannya mengatakan, bahwa manajemen rumah sakit terus melakukan pembenahan baik penambahan sarana dan prasarana, maupun sumber daya manusia. Disebutkan, pada tahun 2015 RSUD Bireuen memiliki keunggulan dengan peralatan dan dokter yang menangani bidang urologi. Tahun 2017 lalu juga sudah punya spesialis ortopedi. “Tahun 2018 ini, telah hadir pelayanan retina mata, dan ini satu-satunya di Aceh,” ungkapnya.

Pasien penyakit mata yang dulunya berobat ke daerah lain atau luar negeri, sebut Mukhtar, sekarang sudah bisa ditangani di RSUD Bireuen. Karena, sudah tersedia peralatan, dokter serta tenaga medis bidang operasi retina mata. “Saat ini sudah ada 14 dokter spesialis di RSUD Bireuen. Namun, kita masih butuh spesialis bedah saraf, bedah jantung, bedah tulang belakang, dan beberapa spesialis lainnya,” ujar Mukhtar.

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD Bireuen menjelaskan, layanan vitectomy merupakan tindakan pembedahan untuk mengangkat cairan mata, dan vitreus yang ada di mata bagian tengah. Operasi tersebut biasanya dilakukan mengatasi lepasnya retina dari dinding belakang mata (ablasio retina).

Lebih lanjut dijelaskan, operasi tersebut hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis mata, khususnya yang menangani masalah pada retina. Guna mendukung layanan itu, RSUD Bireuen sudah melengkapi dengan Optical Coherence Tomography (OCT), dan laser photokuagulasi. Tindakan pembedahan nantinya akan ditangani dr Fauzan T Banta SpM, dokter spesialis mata yang dimiliki RSUD dr Fauziah Bireuen.

Bupati Bireuen, H Saifannur dalam sambutannya mengatakan, RSUD dr Fauziah yang lahir sejak tahun 1929 telah memiliki berbagai sarana pelayanan kesehatan. Kini, bertambah satu lagi bidang pelayanan operasi mata.

Bupati mengharapkan kepada manajemen RSUD dapat memberikan pelayanan terbaik kepada prima. Kemudian, bagi dokter spesialis dapat berbagi pengalaman dengan dokter. Demikian juga dokter dengan para perawat. “Banyak pasien berobat ke daerah lain dan luar negeri karena pelayanan yang mereka berikan sangat baik, dan menyenangkan. RSUD Bireuen harus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan tak ada perbedaan dalam pelayanan,” pungkas bupati.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved