Walko Subulussalam Terpilih Belajar Kelola Birokrasi Berbasis TI ke Pakpak Bharat

"Saya ingin terus belajar demi kemajuan Subulussalam ke depan. Saya ingin buktikan untuk memberi yang terbaik bagi Subulussalam," kata Affan Bintang.

Walko Subulussalam Terpilih Belajar Kelola Birokrasi Berbasis TI ke Pakpak Bharat
Tim Affan Alfian Bintang
Wali Kota Subulussalam terpilih, Affan Alfian Bintang saat bersilaturahmi dengan Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolanda Berutu, Kamis (8/11/2018), terkait berbagai terobosan di bidang birokrasi berbasis teknologi informasi (TI). 

Laporan Khalidin I Subulussalam                        

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam yang baru terpilih dalam Pilkada lalu, Affan Alfian Bintang berupaya meningkatkan kapasitasnya dalam rangka persiapan membangun daerah ini lebih baik.

Affan Bintang pun mengunjungi Pemkab Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Kamis (8/11/2018), untuk belajar mengelola birokrasi dengan sistem Teknologi Informasi (TI).

Di sana, Affan dan rombongan disambut langsung Bupati Remigo Yolanda Berutu dan anggota DPRD setempat Mhd Said Darwis Boangmanalu.

"Alhamdulillah, kami disambut hangat dan penuh persaudaraan oleh pak Bupati Pakpak Bharat, Remigo," terang Affan.

Baca: Dijadwalkan ke Subulussalam, Ini Rencana Lokasi Ustadz Abdul Somad Berceramah

Affan yang juga mantan Wakil Wali Kota Subulussalam periode 2009-2014 menyampaikan niatnya untuk menggenjot pembangunan Kota Subulussalam ke depan lebih baik, dengan menggunakan sistem yang sesuai tuntutan zaman.

Kabupaten Pakpak Bharat ini secara geografis masih bertetangga dengan Subulussalam, namun telah menjadi rujukan, lantaran daerah penghasil gambir ini dinilai berhasil menerapkan sistem birokrasi menggunakan teknologi informasi. 

Baca: Banjir Landa Subulussalam

Saat ini Pemkab Pakpak Bharat telah mengadopsi dan berinovasi akan beragam aplikasi teknologi informasi untuk capaian pembangunan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Di antaranya, penerapan SIMRAL (Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan) yang merupakan kompilasi dari aplikasi e-Planning, e-Budgeting, dan e-Monitoring.

Selain itu, beberapa aplikasi pendukung dan sebagai layanan publik serta kepegawaian seperti SIM AKTA, Smart Kampung, e-Try Out, e-Surat, e-Kinerja, e-SSH, Absensi Online dan lainnya, yang semuanya akan bermuara pada pencapaian Smart Regency.

Terobosan inilah yang coba dicontoh dan akan diterapkan Wali Kota Subulussalam terpilih ini ke depan.

"Saya ingin terus belajar demi kemajuan Subulussalam ke depan. Saya ingin buktikan untuk memberikan yang terbaik bagi Subulussalam," pungkas Bintang.(*)

Penulis: Khalidin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved