Breaking News:

Melalui TMMD Melepas Belenggu Keterisoliran 

Mereka seakan sedang “mengepung” desa yang tergolong masih marginal di kabupaten yang baru berusia 14 tahun itu.

Penulis: Mahyadi | Editor: Yusmadi
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Personel TNI sedang membangun rumah milik Hamdan yang berprofesi sebagai Imam Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah. 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Sudah hampir beberapa pekan terakhir, puluhan orang berseragam loreng terlihat seliweran di Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah.

Mereka seakan sedang “mengepung” desa yang tergolong masih marginal di kabupaten yang baru berusia 14 tahun itu.

Tentu seragam loreng identik dengan uniform nya tentara. Ya, mereka adalah sepasukan tentara dari TNI Angkatan Darat (TNI-AD) yang sedang “menyerbu” Desa Tembolon.

Bahkan, ada sebagian dari mereka yang sampai menginap di desa itu. Keberadaan aparat negara terlatih di Desa Tembolon mengundang tanya.

Apa yang sedang mereka lakukan disana? Apakah para tentara  ini ingin menjaga keamanan Desa Tembolon, sehingga harus diterjunkan puluhan prajurit setiap hari selama beberapa pekan di kampung itu ?

Jawabannya, tentu tidak.

Pasalnya, Aceh bukan lagi daerah konflik, seperti yang terjadi belasan tahun silam. 

“Serbuan” alat negara ke Kampung Tembolon, bukanlah untuk mencari para “pengusik” keamanan negara seperti dulu.

Kini, Aceh telah damai, aman dan tentram. Jadi, apa yang sedang dilakukan para prajurit ini? Justru, kehadiran mereka untuk membangun daerah tertinggal agar bisa maju.

Muaranya, masyarakat dapat lebih sejahtera.

Baca: Satgas TMMD Berikan Materi Wasbang kepada Pelajar Sekolah Dasar

Itulah yang sedang dilakukan oleh puluhan prajurit TNI AD dari Jajaran Kodim 0106/ Aceh Tengah-Bener Meriah di Kampung Tembolon.

Para tentara ini, “rela” mengganti senjatanya dengan cangkul, sekop, martil, gergaji, serta alat pertukangan lainnya demi rakyat. Yang jelas, alih profesi itu, hanya beberapa pekan saja.

Kehadiran para prajurit TNI ini, bukanlah untuk berperang melawan musuh negara.

Melainkan berperang menuntaskan permasalahan kemiskinan serta membuka akses dari cengkraman ke terisoliran melalui program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke-103.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved