Ghazali Abbas Adan: Lembaga Wali Nanggroe tak Diperlukan Lagi

Ghazali Abbas Adan menyatakan, Lembaga Wali Nanggroe tak diperlukan lagi, setelah berpulangnya ke rahmatullah, Almukarram Dr Tgk Di Tiro.

Ghazali Abbas Adan: Lembaga Wali Nanggroe tak Diperlukan Lagi
SERAMBI/M NAZAR
Anggota DPD RI, Ghazali Abbas Adan. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Senator Aceh, Ghazali Abbas Adan menyatakan, Lembaga Wali Nanggroe tak diperlukan lagi, setelah berpulangnya ke rahmatullah, Almukarram Dr Tgk Di Tiro Hasan Muhammad.

Hal itu disampaikan Ghazali Abbas, Selasa (13/11/2018) di Jakarta, menyusul berkembangnya berbagai wacana tentang akan berakhirnya masa jabatan Wali Nanggroe yang saat ini diemban Malik Mahmud Al Haytar.

Menurutnya, adanya Lembaga Wali Nanggroe merupakan semangat kebatinan dalam rangka memberi tempat kepada Almukarram Dr. Tgk Di Tiro Hasan Muhammad, sebagai lanjutan pengabdian kepada rakyat Aceh yang dicintainya.

Baca: Diperbincangkan, Kiprah Lembaga Wali Nanggroe

"Karena memang beliau lah yang paling mustahak dan dari sisi apapun memenuhi syarat menempati maqam ini," ujar Ghazali Abbas Adan.

Namun sejak berpulangnya Tgk Di Tiro Muhammad Hasa ke rahmatullah, maka, kata Ghazali Abbas, dengan sendirinya gugurlah semangat kebatinan itu.

Baca: Desember 2018 Jabatan Wali Nanggroe Berakhir, Institute Peradaban Aceh Tawarkan Sosok Pengganti

"Artinya Lembaga Wali Nanggroe itu tidaklah penting dan tidak diperlukan lagi, karena sebagaimana faktanya selama ini lembaga tersebut tidak memberi nilai tambah apapun terhadap citra dan bobot daerah dan rakyat Aceh, juga menguras anggaran, misterius dan tidak ada pertanggungjawaban jelas dan transparan kemana saja anggaran itu dipergunanakan serta apa manfaat bagi rakyat Aceh," lanjut Ghazali Abbas.

Baca: Wacana Ganti Wali Nanggroe Mencuat

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, menurut hemat Ghazali Abbas, hentikan berwacana tentang kelanjutan dan orang yang mengisi lembaga itu.

"Dengan demikian, anggarannya bisa dialihkan dan alokasikan kepada hal-hal yang menjadi prioritas pembangunan menuju Aceh Hebat sebagaimana dicanangkan oleh Pemerintah Aceh saat ini," demikian Ghazali Abbas Adan. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved