KIP Hadapi Masalah, Rapat Pleno Daftar Pemilih Aceh Ditunda, Ini Penyebabnya

Hasil rekapitulasi tata pemilih Aceh tanpa kabupaten Simeulue berjumlah 3.456.215. Data tersebut merupakan pemilih di 22 kabupaten.

KIP Hadapi Masalah, Rapat Pleno Daftar Pemilih Aceh Ditunda, Ini Penyebabnya
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan dua (DPTHP-2) Pemilu 2019 di Hermes Hotel, Banda Aceh, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menunda rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan dua (DPTHP-2) Pemilu 2019 di Hermes Hotel, Banda Aceh, Rabu (14/11/2018).

Sedianya dalam rapat pleno itu, komisioner KIP Aceh memplenokan atau menetapkan daftar pemilih Aceh hasil perbaikan yang selama ini dilakukan oleh KIP Aceh dan semua jenjang penyelenggara.

Baca: Banyak CPNS di Aceh tak Lulus CAT, Ombudsman Minta Gubernur dan DPRA Lakukan Ini

Namun, pleno itu tertunda lantaran data pemilih dari Kabupaten Simeulue belum masuk dalam rekapitulasi KIP Aceh. "Untuk pleno kita tunda sebentar karena data dari Simeulue belum masuk," kata Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri.

Menurut Samsul, ada dua desa di Simeulue yang belum masuk data pemilihnya dalam rekapitulasi daftar pemilih tetap.

Baca: Sosok Fadel Islami yang Jatuh Cinta Pada Muzdalifah, Bukan Orang Sembarangan Ingin Jadi Aktor

"Ada dua desa belum clear mengenai data pemilih di Simeulue, sehingga kita tidak bisa melakukan pleno. Karena pleno di KIP Aceh harus dipleno di kabupaten dulu," sebut Samsul.

Baca: Pilot Amerika Serikat Tewas Ditikam Seorang Wanita di Jepang, Polisi Tahan Pelaku

Hasil rekapitulasi tata pemilih Aceh tanpa kabupaten Simeulue berjumlah 3.456.215. Data tersebut merupakan pemilih di 22 kabupaten yang dihimpun penyelenggara dari 279 kecamatan, 6.498 desa, dengan total TPS sebanyak 15.313. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved