Abdya Dapat Kuota 50 Pasang Isbat Nikah

Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat kuota 50 pasang suami istri (pasutri) untuk mengikuti isbat nikah

Abdya Dapat Kuota 50 Pasang Isbat Nikah
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
PARA Pasutri peserta isbat nikah mendengarkan arahan Wali Kota Subulussalam, H Merah Sakti SH, Rabu (26/7/2017) di gedung Serbaguna Pendapa Wali Kota Subulussalam. 

BLANGPIDIE - Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat kuota 50 pasang suami istri (pasutri) untuk mengikuti isbat nikah atau pengesahan dokumen pernikahan tahun 2018. Sidang isbat nikah hasil kerja sama sejumlah instansi seperti Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya, Mahkamah Syar’iyah Blangpidie, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Abdya itu direncanakan dilaksanakan pada 6 Desember mendatang.

Kepala Kankemenag Abdya, Drs H Arijal MSi dan Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Rajuddin SPd MM yang dihubungi Serambi, Jumat (16/11), membenarkan, tentang akan dilaksanakannya program isbat nikah atau pengesahan dokumen pernikahan. Isbat nikah akan diikuti pasangan suami istri yang pernikahannya tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. “Syaratnya, pasangan yang menikah di bawah tahun 2005, tapi tidak tercatat di KUA dan merupakan pernikahan pertama,” kata Kankemenag Abdya, Arijal.

Dia menjelaskan, pasangan yang tidak memiliki buku nikah di Abdya, sebenarnya cukup banyak. Namun, kuota yang diberikan DSI Provinsi Aceh tahun ini hanya untuk 50 pasangan. “Dokumen 50 pasangan yang akan mengikuti isbat nikah itu sudah dikirim dan sedang diteliti Mahkamah Syar’iyah Blangpidie. Seperti, dokumen dua orang saksi yang kesaksiannya diberikan di bawah sumpah. “50 pasang suami istri yang akan mengikuti isbat nikah ini hasil pendataan dari KUA kecamatan di Abdya,” jelasnya.

Kepala Dinas Syariat Islam Abdya, Rajuddin menambahkan, bila dokumen ke-50 pasangan itu sudah diteliti Mahkamah Syar’iyah dan dinyatakan memenuhi syarat, maka pelaksanaan isbat nikah akan dilakukan pada 6 Desember mendatang.(nun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved