Warga Desa Punjot dan Meunasah Dua Buka Mulut Kuala yang Sudah Dangkal untuk Akses Nelayan

Kegiatan itu untuk memudahkan nelayan pergi dan pulang melaut sekaligus untuk kelancaran pengairan dan mengatasi banjir.

Warga Desa Punjot dan  Meunasah Dua Buka Mulut Kuala yang Sudah Dangkal untuk Akses Nelayan
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Masyarakat dari Desa Punjot dan Meunasah Dua, Kecamatan Jangka, Bireuen, Minggu (18/11/2018) sedang melaksanakan gotong royong membuka mulut kuala yang sudah dangkal. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Puluhan masyarakat Desa Punjot dan Desa Meunasah Dua, Kecamatan Jangka, Bireuen Sabtu dan Minggu (17-18/11/2018) bergotong royong membuka mulut kuala yang sudah dangkal.

Kegiatan itu dilakuka menggunakan cangkul, skrup dan peralatan sederhana lainnya karena tertutup sendimen pasir sejak lama berjalan pagi, siang sampai malam.

Baca: Kisah Para Dokter Neraka Pasukan Marinir, Mengobati di Tengah Hujan Peluru

Tgk Jailani, salah seorang warga setempat kepada Serambinews.com, Minggu (18/11/2018) sore mengatakan, gotong royong membuka mulut kuala dimulai Sabtu pagi istirahat, kemudian dilanjutkan siang dan malam.

Baca: Kritisi Perwal P-APBK Subulussalam karena Berpotensi Bancakan, MaTA: DPRK Juga Patut Dicurigai

Kemudian dilanjutkan lagi Minggu pagi, siang dan malam begitu juga rencana pada Senin.
“Kemungkinan Senin dari pagi hingga siang sudah tuntas dan air laut akan lancar kembali ke tambak dan boat nelayan bisa keluar masuk kuala,” ujarnya.

Baca: Polresta Banda Aceh Bongkar Sindikat Peredaran Sabu dari Rutan

Mulut kuala yang dicangkul bersama panjangnya sekitar 100 meter, lebar bervariasi dari 3 hingga 5 meter begitu juga kedalamannya bervariasi.

Baca: 2 Juta Orang Dimusnahkan dengan Tujuan Mengembalikan Dunia Moderen ke Tahun Nol

Kegiatan bersama tersebut dilakukan untuk memudahkan para nelayan pergi dan pulang melaut sekaligus untuk kelancaran pengairan dan mengatasi banjir serta sirkulasi air ke tambak.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved