Elemen Masyarakat Aceh Timur Minta Pemerintah Aceh Beri Gelar Pahlawan Perdamaian untuk Hasan Tiro

Menurut Ibnu Hajar, sejauh ini belum ada satu pun nama fasilitas umum di Aceh diberi nama Dr Tengku Hasan Muhammad Di Tiro.

Elemen Masyarakat Aceh Timur Minta Pemerintah Aceh Beri Gelar Pahlawan Perdamaian untuk Hasan Tiro
FOR SERAMBINEWS.COM
Masyarakat Aceh Timur mengusulkan pemberian gelar pahlawan kepada Wali Nanggroe VIII, Tgk Hasan Tiro, dalam seminar dan lokakarya yang berlangsung di Media Center Aceh Timur, di Peureulak, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Yayasan Persada Indonesia Satu (Persada Satu), Kamis (22/11/2018) menggelar seminar dan lokakarya dengan tema mengusulkan pemberian gelar pahlawan kepada Wali Nanggroe Aceh Vlll, Dr Hasan Di Tiro.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Media Center Aceh Timur, di Peureulak.

Kegiatan ini diikuti puluhan tokoh masyarakat dari berbagai instansi pemerintahan, swasta, serta LSM dari berbagai kabupaten/ kota di Aceh.

Seminar itu menghadirkan pemateri seperti Ketua Koalisi Bersama Rakyat (Kibar) Aceh, Muslim SE, dan Ketua APKASINDO Aceh, Dr Amin Husen Ilyas.

Ketua Yayasan Persada Satu, Tgk Ibnu Hajar SH, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat Aceh pada pahlawan bangsa, salah satunya Dr Hasan Tiro.

Menurut Ibnu, salah satu cara mengingatnya dengan mengabadikan nama Hasan Tiro pada fasilitas-fasilitas umum seperti jalan raya, alamat-alamat tertentu, rumah sakit, dan mendirikan monumen.

Semua ini, kata Ibnu Hajar, sebagai bukti sejarah perjuangan Hasan Tiro dan menjadi contoh bagi generasi muda tentang bagaimana menghargai perjuangan pahlawan.

Steffy Burase Ternyata Pengagum Hasan Tiro: Beliau Sangat Pemberani dan Idealis

Ini Kisah Mengharukan, Akhir Perjalanan Hidup Sang Deklarator GAM Hasan Tiro

Mengapa Hasan Tiro Memproklamirkan GAM pada 4 Desember? Ternyata Ini Alasannya

"Harapan kita pemerintah Aceh terus merealisasikan gelar tanda jasa dan gelar kehormatan apa saja yang sepadan kepada beliau selaku Pahlawan Perdamaian Aceh," pinta Ibnu Hajar.

Berdasarkan analisa pihaknya, kata Ibnu Hajar, sejauh ini belum ada satu pun nama fasilitas umum di Aceh diberi nama Dr Tengku Hasan Muhammad Di Tiro, begitu juga dengan monumen dan lain-lain.

"Semestinya Pemerintah Aceh jauh-jauh hari memberikan perhatian khusus kepadanya, sebagai Pahlawan Perdamaian Aceh," harap Tgk Ibnu Hajar.(*)

Milad Ke-41 GAM, Keharuan Hasan Tiro Menjelang Pulang ke Aceh Pascadamai

Milad Ke-41 GAM, Begini Kisah Pertama Kali Hasan Tiro Pulang ke Aceh Setelah 25 Tahun di Amerika

Mengenang Hasan Tiro, Ini 10 Fakta Tersembunyi dari Sosoknya

Penulis: Seni Hendri
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved