Orang dengan Gangguan Kejiwaan Bisa Memilih pada Pamilu 2019, Ini Jumlahnya di Aceh Satu Tahun Lalu

Pada 2017 ada 22.033 kasus warga Aceh yang umumnya dalam usia produktif mempunyai masalah dengan kejiwaan, mulai dari skala ringan sampai berat.

Orang dengan Gangguan Kejiwaan Bisa Memilih pada Pamilu 2019, Ini Jumlahnya di Aceh Satu Tahun Lalu
DOK SERAMBINEWS.COM
Logo KIP 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang mendata orang-orang dengan gangguan kejiwaan untuk dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Itu artinya, para tunagrahita ini dipastikan bisa memilih layaknya masyarakat lainnya untuk mencoblos calon presiden, wakil presiden, dan calon wakil rakyat di semua tingkatan parlemen pada 17 April 2019 mendatang.

Kepastian tersebut telah dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beberapa waktu lalu.

Pada 13 November lalu, KPU melalui surat edaran Nomor 1401/PL.02.1-SD/01/KPU/CI/2018 meminta KPU di semua provinsi dan kabupaten/kota untuk mendata warga negara Indonesia (WNI) penyandang disabilitas grahita atau gangguan jiwa/mental dan dimasukkan dalam DPT Pemilu 2019.

Informasi tersebut dibenarkan Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Agusni AH kepada Serambinews.com, dua hari lalu.

Dia mengatakan, proses pendaftaran pemilih untuk Pemilu 2019 masih berlangsung.

Menurutnya, sesuai dengan hasil rapat yang dilaksanakan oleh KPU beserta pemangku kepentingan lainnya, proses pencermatan dan perbaikan DPT pemilu tahap II akan berlangsung hingga 15 Desember 2018.

"Di dalam proses pendaftaran tersebut, salah satu kelompok warga negara yang perlu didaftar sebagai pemilih adalah warga negara yang mengalami gangguan jiwa (disabilitas grahita). Sebagaimana maklumat surat edaran KPU Nomor 1401 tahun 2018 tentang pendaftaran pemilih bagi penyandang disabilitas grahita," kata Agusni kepada Serambinews.com.

Serambinews.com kemudian menghubungi pihak Dinas Kesehatan untuk mengetahui jumlah penyandang ganggunan jiwa di Aceh.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved