Kemenag Usul Kenaikan Biaya Haji 2019, Segini Jumlah Harus Dibayar Tiap Jamaah

Sekali lagi ini baru usulan dari kami pemerintah dalam pembicaraan pendahuluan yang tentu nanti akan dibahas mulai besok di Panja

Kemenag Usul Kenaikan Biaya Haji 2019, Segini Jumlah Harus Dibayar Tiap Jamaah
Umat muslim berkeliling di sekitar Kabah di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Aarab Saudi, Jumat (17/8). Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah di Arab Saudi untuk ibadah haji tahunan, salah satu dari lima rukun Islam. AFP/ AHMAD AL-RUBAYE 

SERAMBINEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan kenaikan biaya haji 2019 sebesar 43 dollar AS atau sekitar Rp 622.000 (kurs 1 dollar AS = Rp 14.480) per jamaah. 

"Yang kami usulkan dibanding tahun lalu ada kenaikan 43 dollar AS," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seusai menghadiri rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/11/2018). 

Ia mengatakan, usulan kenaikan muncul lantaran ada tiga hal yang menyebabkannya naik. 

Baca: Hari Ini, Rupiah Ditutup Melemah Terhadap Dollar Amerika Serikat 

Pertama terkait pesawat untuk jamaah haji. Lukman mengungkapkan ada kenaikan harga avtur di pasaran minyak dunia. 

Kedua, Pemerintah Arab Saudi hendak meremajakan bus-bus yang digunakan jamaah haji Indonesia untuk berpindah dari kota-kota yang menjadi lokasi ibadah haji.

Karena itu, Pemerintah Arab Saudi akan menaikkan ongkos penggunaan bus-bus tersebut. 

Baca: Mengamuk di Rumah Mantan Jelang Pesta Pernikahan, Seorang Pria Bantai Keluarganya Dengan Parang

Baca: Video Panas Mahasiswa Dengan Siswi SMA Tersebar, Sempat Diputar Saat Jam Pelajaran Kosong

Ketiga, kata Lukman, pemerintah berecana menyediakan air conditioner (AC) di tenda-tenda yang digunakan untuk wukuf di Arafah.

Dengan asumsi kenaikan biaya tersebut, pemerintah mengusulkan penetapan biaya ibadah haji sebesar 2.675 dollar AS per jemaah. 

"Sebenarnya kenaikan itu riilnya itu bisa sampe 143-148 dollar AS. Tapi, kami kemudian mencoba menyeimbangkan dengan indirect cost-nya sehingga kenaikan yang harus dibayar oleh jemaah itu hanya 43 dollar AS," ujar Lukman. 

Baca: Dua Hari Dikuburkan, Mayat Bayi di Aceh Timur Hilang dari Makamnya

"Sekali lagi ini baru usulan dari kami pemerintah dalam pembicaraan pendahuluan yang tentu nanti akan dibahas mulai besok di Panja yang tentu sangat dinamis sampai kemudian kami menyepakati berapa biaya haji yang paling rasional untuk 2019," lanjut dia. (Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kemenag Usul Biaya Haji 2019 Naik Jadi 2.675 Dollar AS

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved