Anggota DPR RI Bantu Bocah Bocor Jantung

Anggota DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya membantu biaya pengobatan bocah penderita kelainan jantung

Anggota DPR RI Bantu Bocah Bocor Jantung
IST
Gita Ayu Surya Rusid (8) bocah mengalami kenaikan katup jantung ketika dilarikan kembali ke RSU Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Kamis (29/11). Bocah tersebut sudah dirujuk ke RSZA Banda Aceh dan disarankan harus operasi di RS Jakarta, tetapi ketiadaan biaya keluarga belum mampu dibawa ke Jakarta dan berharap kepedulian pemerintah.

BANDA ACEH - Anggota DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya membantu biaya pengobatan bocah penderita kelainan jantung asal Nagan Raya yang selama ini berobat di RS Harapan Kita di Jakarta. Bocah bernama Aris Habibal Umam (6) bersama orang tuanya, Jumat (30/11) kemarin, mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar.

Aris pulang ke Aceh setelah menjalani perawatan instensif dengan biaya dari Teuku Riefky Harsya di Jakarta. Ditemui awak media saat mendarat, Jumat kemarin, orang tua Aris bernama Abdul Munir menceritakan penyakit jantung yang diderita anaknya tersebut.

Awalnya, Aris disangka sesak nafas dan diobati secara tradisional. Namun, keadaan Aris tak kunjung membaik hingga membuat dirinya ragu kalau anaknya tersebut hanya menderita penyakit sesak nafas biasa. “Lalu kami membawa Aris ke rumah sakit di Nagan Raya lalu dirujuk ke RSUZA pada 21 Oktober,” katanya.

Pihak RSUZA kemudian mengeluarkan rujukan, agar Aris dibawa ke Jakarta, tepatnya ke Rumah Sakit Harapan Kita. Setelah diperiksa di Jakarta, Aris diagnosa dan dinyatakan mengalami bocor jantung antara pembuluh darah merah dan darah putih dan mendapat perawatan intensif.

Abdul Munir bersama Istrinya mengucapkan terima kasih kepada Teuku Riefky Harsya, anggota DPR RI asal Aceh yang selama ini terus membantu pengobatan Aris, sejak di Banda Aceh hingga ke Jakarta.

Tim Ahli Teuku Riefky Harsya, Aidil mengatakan, pihaknya akan terus mengontrol proses pengobatan Aris hingga sembuh. Menurut informasi dari tim dokter, bebernya, Aris harus menjalani operasi tahap selanjutnya. “Pak Riefky Harsya akan tetap mengontrol dan menginformasikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Gita Ayu Surya Rusid (8 tahun), bocah penderita kelainan katup jantung, Kamis (29/11) siang, kembali dilarikan ke RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh. Namun karena kondisi terus memburuk, Gita dirujuk ke RS Zaenal Abidin Banda Aceh.

Hingga Jumat (30/11), anak kedua dari pasangan Surya Darsula-Mutia Keumalasari masih dalam perawatan medis di rumah sakit di Banda Aceh. Bocah yang kini duduk di kelas II SDN 18 Meulaboh itu tercatat warga Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Bocah tersebut pada Kamis kemain, pingsan dan keluar darah di mulut sehingga dilarikan ke rumah sakit.

“Sebenarnya, sudah diharuskan oleh dokter RSU Cut Nyak Dhien dan RS Zaenal Abidin Banda Aceh untuk dirujuk ke RS di Jakarta, tetapi ketiadaan dana, maka orang tuanya belum mampu membawa ke RS di Jakarta,” ucap Kepala Dusun (Kadus) Manggis, Alidar kepada Serambi, kemarin. “Kami berharap pemerintah membantu biaya untuk Gita agar bisa dibawa berobat ke RS Jakarta. Mereka keluarga kurang mampu. Sejauh ini, belum ada bantuan dari pemerintah,” ucapnya.(dan/riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved