Dewan Nilai Balai Sungai dan BPJN Wilayah I Aceh Lamban Tangani Banjir Bandang Agara

Mereka kita nilai lamban bekerja dan kita khawatirkan kerusakan jalan dan Sungai semakin parah.

Dewan Nilai Balai Sungai dan BPJN Wilayah I Aceh Lamban Tangani Banjir Bandang Agara
Serambinews.com
Alat berat terlihat berupaya membersihkan kayu gelondongan sisa banjir bandang di Desa Natam, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara (Minggu (2/12/2018) 

Laporan Asnawi Luwi I Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM. KUTACANE - Anggota DPRK Aceh Tenggara Supian Sekedang mengatakan Balai Wilayah Sungai Sumatera I Provinsi Aceh dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Aceh dinilai lamban dalam menangani musibah banjir bandang di Agara.

"Sudah sepekan musibah banjir bandang di Kayu Mentangur dan Natam Baru, Darul Hasanah dan Kecamatan Leuser. Tapi, mereka belum menangani kerusakan badan jalan, jembatan dan sendimen-sendimen material banjir bandang masih menumpuk di alur dan Sungai Alas. Mereka kita nilai lamban bekerja dan kita khawatirkan kerusakan jalan dan Sungai semakin parah akibat belum mereka tangani," ujar Supian Sekedang kepada Serambinews.com, Selasa (4/12/2018).

Baca: Calon Bos Segala Bos Baru Mafia Sisilia Ditangkap Polisi Italia

Kata Supian, saat ini bebatuan kerikil akibat diseret Sungai berserakan di jalan raya lintas Aceh Tenggara menghubungkan ke Sumatera Utara persisnya Desa Kayu Mentangur.

Bukan hanya, material kerikil, tetapi air masih melintasi jalan nasional tersebut. Seharusnya, alur sungai itu dipindahkan dan ditelusuri agar bisa dilakukan normalisasi untuk mencegah meluasnya banjir bandang susulan.

Baca: Untuk Melunasi Utang-Utangnya, Perusahaan BUMN Ini Jual 18 Ruas Tol

Sedangkan di Desa Natam Baru, gorong-gorong jembatan terlalu kecil sehingga apabila hujan material banjir bandang itu cepat penuh dan dapat mengancam jembatan tersebut putus.

Pihaknya berharap jembatan Natam tersebut diperluas agar air mudah dialirkan ke Sungai Alas.

Seperti diketahui sepanjang 30 meter bahu dan badan jalan di lintasan jalan nasional Aceh Tenggara menghubungkan ke Sumatera Utara persisnya Desa Natam Baru Dusun Lawe Menderung, Kecamatan Badar, Agara, amblas akibat diterjang banjir bandang yang terjadi pada Jumat (30/11/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved