Hebat! Anggota Kodim Bireuen Ini Kuasai Tujuh Bahasa Asing, Begini Cara Ia Belajar dari Medsos

Ia menelepon kenalannya dalam bahasa Spanyol yang dikenalnya lewat dunia maya

Hebat! Anggota Kodim Bireuen Ini Kuasai Tujuh Bahasa Asing, Begini Cara Ia Belajar dari Medsos
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL
Kopda Hardius Rusman menelepon temannya yang dikenal lewat media sosial. Ia berbicara menggunakan bahasa Spanyol. 

Laporan Ferizal Hasan l Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Luar biasa dan hebat! Begitulah setidaknya predikat yang layak disandang anggota Kodim 0111/Bireuen, berpangkat Kopral dua (Kopda) Hardius Rusman (34).

Betapa tidak, ia mampu berbicara dalam tujuh bahasa asing. Yaitu bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan bahasa Belanda.

"Saya hanya belajar melalui media sosial (medsos), seperti Google Translate, Facebook, WhatsApp, Messenger dan jejaring sosial lainnya. Berkat aplikasi medsos itu, sekarang saya sudah menguasai tujuh bahasa asing. Terdiri dari Bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Bahasa Belanda,” ujar Kopda Hardius Rusman, saat ditemui Serambinews.com di Makodim Bireuen, Selasa (4/12/2018).

Mengenakan seragam loreng TNI AD, sembari membuka medsos di komputer di ruang kerjanya, Kopda Hardius Rusman juga sedang berbicara melalui telepon seluler. Ia menelepon kenalannya dalam bahasa Spanyol yang dikenalnya lewat dunia maya.

"Saya belum pernah bertugas ke luar negeri, saya juga belum pernah jalan-jalan ke luar negeri, saya hanya berselancar lewat dunia maya," katanya.

Dengan nada suaranya yang cukup keras, Ia sesekali tertawa terbahak-bahak, mengundang perhatian teman sekantornya. Tampaknya, Hardius sudah akrab dengan lawan bicaranya itu.

Baca: Mantapkan Guru Hadapi UN 2019, Disdik Bocorkan Kisi-kisi Soal UN, Ini Bentuk dan Jenis Soalnya

Baca: Beredar Isu Karni Ilyas Dipanggil Istana Usai TVOne Live Reuni Akbar 212, Begini Klarifikasinya

Baca: Jokowi Angkat Tenaga Honorer Jadi PPPK, Apa Perbedaannya dengan PNS?

"Tadi teman saya dari negara Chile yang berbicara dalam bahasa Spanyol. Saya memang hampir tiap hari menyempatkan diri berbicara sekitar tiga puluh menit dengan teman-teman dari berbagai negara secara bergantian dalam tujuh bahasa asing yang saya kuasai,” ujar Hardius.

Serambinews.com, memang sengaja menemuinya untuk mewawancarainya secara khusus. Karena penasaran dengan kemahirannya menguasai tujuh bahasa asing.

Padahal, dia hanya tamatan SMA. Sebagai anggota TNI AD, pangkatnya juga terendah untuk tingkatan kepangkatan Tamtama Kepala.

Hebatnya lagi, dia mempelajari bahasa-bahasa asing paling berpengaruh di jagat ini, bukan secara formal atau diajari guru bahasa. Herdius hanya belajar secara otodidak (belajar sendiri) melalui medsos.

Serambinews.com mengetahui kepiawaian Herdius menguasai banyak bahasa asing itu, setelah melihat videonya sedang berbicara dengan beberapa bahasa asing yang diunggah di Facebook dan Youtube. Video tersebut sempat viral beberapa waktu lalu.(*)

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved