Arus Transportasi Abdya-Galus Pulih Kembali, 35 Petugas Kerja Keras Bersihkan Material Longsor

Arus transportasi darat dari Abdya menuju ke Kabupaten Gayo Lues dan sebaliknya yang sempat lumpuh total sejak Minggu malam kembali pulih.

Arus Transportasi Abdya-Galus Pulih Kembali, 35 Petugas Kerja Keras Bersihkan Material Longsor
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Kalak BPBD Abdya, Amiruddin bersama anggota TRC, Senin (10/12/2018) sore, memotong pohon yang menimbun badan Jalan Kabupaten Abdya menuju Kabupaten Galus di KM 22 dalam peristiwa longsor, Minggu malam. Arus transportasi antar dua kabupaten itu sempat lumpuh total, kemudian normal kembali setelah material tanah longsor dan pohon dibersihkan dengan alat berat jenis bekoloder yang dikerahkan BPBD Abdya.

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Arus transportasi darat dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menuju ke Kabupaten Gayo Lues (Galus) dan sebaliknya yang sempat lumpuh total sejak Minggu malam, kembali pulih Senin malam.   

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Abdya, Amiruddin kepada Serambinews.com, Selasa (11/12/2018) menjelaskan  Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD bersama aparat dari instansi terkait, terutama dari personel Satlantas Polres Abdya dan TNI pada Senin siang, melakukan evakuasi masyarakat yang terjebak di titik longsor.

Mereka yang terjebak di lokasi longsor di KM 22 sejak Minggu malam adalah awak dari empat mobil angkutan jenis mini bus dan pengendara dan boncengan 20 sepeda motor yang bergerak dari arah Terangun, Galus menuju Abdya.

Tapi, sebabagian diantara mereka memang sudah duluan meninggalkan mobil di lokasi  longsor itu berada di kawasan hutan yang tidak berpenghuni tersebut.

Mereka kemudian melewati timbunan longsor itu dengan cara merangkak atau memanjat pohon kayu yang rebah melintang badan jalan.

Baca: Abdya-Galus Lumpuh Total

Baca: Transportasi Abdya-Gayo Lues Lumpuh Total, Tanah Longsor dan Batu Gunung Timbun Badan Jalan di KM 22

Bahkan, beberapa sepeda motor sengaja digotong bersama untuk melalui timbunan longsor yang tebal dan sangat licin tersebut.

Anggota TRC dari BPBD dibantu petugas dari instansi terkait di Abdya memotong sejumlah pohon yang menutup badan jalan menggunakan mesin pemotong kayu.

Sedangkan satu unit bekoloder milik BPBD Abdya membersihkan material longsor dan kayu yang menimbun badan jalan sepanjang belasan meter.

“Kerja keras melibatkan tidak kurang 35 personel itu akhirnya arus transportasi darat Abdya-Galus pulih kembali pada Senin malam,” kata Kalak BPBD Abdya, Amiruddin yang terjun langsung ke lokasi longsor.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved