Lagi, Lintas Banda Aceh-Meulaboh Longsor

Longsoran tebing gunung di Jalan Nasional lintas Banda Aceh-Meulaboh kembali terjadi. Kali ini, longsor

Lagi, Lintas Banda Aceh-Meulaboh Longsor
IST
ALAT berat sedang membersihkan amterial longsor di Jalan Nasional lintas Banda Aceh - Meulaboh, tepatnya di Gampong Meunasah Lhok, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Senin (10/12) pagi. 

* Arus Lalu Lintas Sempat Terhambat

BANDA ACEH - Longsoran tebing gunung di Jalan Nasional lintas Banda Aceh-Meulaboh kembali terjadi. Kali ini, longsor terjadi di Gampong Meunasah Lhok, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar pada Senin (10/12) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Namun begitu, menjelang sore, material longsor itu sudah selesai dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal seperti biasa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi, kemarin, jalan yang mengalami longsor itu berada di antara dua tebing, tepatnya menjelang tanjakan ke Gunung Geurutee. Sehingga material longsoran itu sempat menutupi badan jalan.

Akibatnya, arus lalu lintas dari kedua arah, sempat terlambat hingga beberapa jam. Pasalnya, puluhan kendaraan tertahan di dua sisi jalan. Namun, beberapa jam kemudian, alat berat langsung diturunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsoran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Kalak BPBA), T Ahmad Dadek kepada Serambi, kemarin, mengatakan, menjelang sore hari, pembersihan material longsor dari badan jalan nasional tersebut selesai dilakukan. Alhasil, arus lalu lintas dari kedua arah pun kembali normal.

Dijelaskannya, pembersihan material longsor itu dilakukan oleh pihak rekanan yang sudah ditunjuk untuk memelihara jalan nasional lintas barat selatan tersebut. Pihak rekanan menurunkan beberapa unit alat berat ke lokasi untuk mengangkat material longsor berupa batu dan tanah liat. “Pembersihan material longsor ini juga dibantu oleh pihak BPBD Aceh Besar, BPBA, dan personel TNI/Polri,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya rekanan yang ditunjuk untuk memelihara jalan nasional itu, maka jika ada terjadi longsoran lagi akan lebih memudahkan dalam proses pembersihan maupun evakuasi. “Sedangkan, kami dari pihak BPBA hanya mem-backup dan koordinasi saja,” tukasnya.

Pada bagian lain, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek meminta warga melintasi jalan nasional lintas barat selatan Aceh itu supaya tetap waspada terhadap longsoran di kawasan tersebut.

“Warga yang melintas di jalan nasional arah barat selatan harus tetap waspada, karena ancaman longsor itu tetap ada disebabkan kondisi saat ini sedang musim hujan,” imbau T Ahmad Dadek. Menurutnya, tebing yang berada di sisi jalan itu masih berpotensi terjadinya longsor susulan. Apalagi, kawasan itu sering diguyur hujan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved