TNI Temukan Dua Senpi

Anggota TNI Danramil 19/Indra Makmur, Aceh Timur berhasil menemukan dua senjata api, satu pucuk senjata AK-101

TNI Temukan Dua Senpi
DOK KODIM 0104/ATIM
DANDIM 0104/Atim, Letkol Inf M Iqbal Lubis (tengah) bersama anggota memperlihatkan senpi jenis AK 101 dan pistol baretta, Selasa (10/12). 

* Berdasarkan Informasi dari Warga Indra Makmur

LANGSA - Anggota TNI Danramil 19/Indra Makmur, Aceh Timur berhasil menemukan dua senjata api, satu pucuk senjata AK-101 dan pistol jenis Baretta beserta amunisi. Penemuan itu berdasarkan petunjuk dari seorang warga saat TNI sedang melaksanakan gotong royong di Gampong Jambo Leubok, Kecamatan Indra Makmur pada November 2018 lalu.

Kedua senjata itu yang diduga berasal dari masa konflik telah diserahkan ke Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis pada Senin (10/12). Senjata diserahkan oleh Danramil 19/Indra Makmur, Kapten Arh Syafari Harun bersama anggota Unit Intel Kodim 0104 di Makodim 0104, Gampong Paya Bujok Seleumak, Kecamatan Langsa Baro.

Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, kepada wartawan menyebutkan berdasarkan penjelasan Danramil 19/Indra Makmur, pada November 2018 lalu dilaksanakan gotong royong di Gampong Jambo Leubok, Kecamatan Indra Makmur bersama warga. “Saat kegiatan sosial itu, seorang anggota Babisa kembali bertemu teman masa kecilnya,” katanya.

Dikatakan, warga itu bernama Muhammad alias Cekmat (39), penduduk Gampong Jambo Lubok. Diungkapkan, pada 7 Desember 2018, Koptu Ridwan mendapatkan informasi dari Cekmat bahwa ada temannya berinisial ‘S’ ingin menyerahkan senjata api (senpi), sehingga dilakukan pendalaman tentang kebenaran informasi tersebut.

Dandim menyebutkan, Koptu Ridwan juga melaporkan kepada Danramil 19, kemudian berkoordinasi melalui telepon dengan Dan Unit Intel Kodim 0104, Lettu Inf Syahrial tentang informasi yang dihimpun oleh Babinsa itu. Sehari kemudian, atau Sabtu (8/12), Dan Unit bersama tiga anggota Unit Intel bergerak menuju Koramil 19 untuk berkoordinasi dangan Danramil 19.

Setelah itu, katanya, Danramil beserta Dan Unit Intel membentuk Tim DPP, Serma Erwin Boy Nova dan 2 anggota Unit Intel lainnya guna melakukan pendekatan intensif kepada Cekmat melalui Koptu Ridwan. Ditambahkan, Cekmat melalui handphone menghubungi Koptu Ridwan, mengajak bertemu di salah satu warung kopi yang tidak jauh dari Koramil.

Dalam pertemuan itu, Koptu Ridwan membujuk Cekmat agar menghubungi S, untuk datang ke warung kopi, namun nomor hp milik S tidak bisa dihubungi. Pada Minggu (9/12), anggota TNI Unit Intel bersama dengan Koptu Ridwan kembali melakukan pertemuan dengan Cekmat di warung yang sama.

“Saat itulah, Cekmat menyampaikan informasi bahwa S bersedia menyerahkan senpi kepada Koptu Ridwan,” ungkapnya, seraya menambahkan pemilik tidak bersedia menyerahkan sendiri senjata. Dia menduga, pemilik senpi kemungkinan takut terjebak, sehingga diproses secara hukum.

Ditambahkan, setelah melakukan koordinasi, kemudian tim sepakat untuk mengatur rencana agar S mau menyerahkan senpi secara tidak langsung. Muhammad Iqbal Lubis menjelaskan pemilik senpi meletakkan senjata di suatu tempat dan nantinya bisa diambil oleh tim dari Kodim 0104.

Setelah hal itu disepakati, Cekmat menginformasikan kembali kepada Koptu Ridwan, bahwa S sudah meletakkan senpi di semak-semak sekitar jalan Gampong Jambo Lubok. Disebutkan, keberadaan senpi diberi tanda selembar kain warna warni yang tergantung di sebuah pohon.

Berdasarkan informasi itu, Danramil 19 beserta tiga anggota Unit Intel Serma Erwin Boy Nova, Sertu Moh Ishak Shodiq, Sertu Ariyanto dan Koptu Ridwan langsung menuju lokasi. Setiba di tempat itu, tim langsung melakukan pengamanan dan mensterilkan lokasi dan setelah aman, tim melakukan pencarian di tempat yang telah ditentukan.

Sekitar pukul 17.00 WIB pada hari itu juga, personil Kodim 0104 berhasil menemukan dua pucuk senpi sesuai yang diiformasikan yakni jenis AK-101 dan Pistol jenis Baretta serta 2 buah magazen milik S yang diletakan di dalam semak-semak.

Dandim 0104 menyatakan dua pucuk senpi itu langsung diamankan dan dibawa ke Makoramil 19 dan selanjutnya tim melakukan koordinasi untuk penyerahan senpi kepada Dandim 0104. Pada Senin (10/12) Danramil 19/Idm, Babinsa, anggota Unit Intel, menyerahkan senpi kepada Dandim 0104/Atim di Makodim.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved