Jumlah Pemilih Aceh untuk Pemilu 2019 Berubah Lagi, Ini Totalnya  

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh kembali menetapkan jumlah pemilih Aceh untuk Pemilu 2019 dalam rapat pleno yang berlangsung di Hotel Mekkah.

Jumlah Pemilih Aceh untuk Pemilu 2019 Berubah Lagi, Ini Totalnya   
Dok. Serambinews.com
AGUSNI AH, Kadiv Humas KIP Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Setelah ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap dua (DPT-HP 2) sebanyak 3.515.121 jiwa, kini jumlah pemilih Aceh untuk Pemilu 2019 berubah lagi.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh kembali menetapkan jumlah pemilih Aceh untuk Pemilu 2019 dalam rapat pleno yang berlangsung di Hotel Mekkah di Banda Aceh, Rabu (12/12). 

Penetapan ini merupakan penetapan jumlah pemilih keempat yang dilakukan KIP Aceh bersama KIP kabupaten/kota.

Dalam rapat pleno rekapitulasi penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap dua (DPT-HP 2) tadi pagi, KIP Aceh menetapkan total pemilih Aceh sebanyak 3.523.774 jiwa. 

Sedangkan dalam pleno DPT-HP 2 pada 14 November lalu, KIP Aceh menetapkan pemilih Aceh sebanyak 3.515.121 jiwa.

Terjadi penambahan jumlah pemilih Aceh yang telah ditetapkan dalam rapat pleno kemarin sebanyak 8.653 orang. 

Baca: KIP Abdya Tetapkan Jumlah DPT Hasil Perbaikan Kedua, tak Memiliki e-KTP tidak Bisa Memilih

Baca: Sempurnakan DPT, KIP Tamiang Buka Posko GMHP

Menurut Ketua Divisi Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH, jumlah tersebut bertambah karena selama 30 hari terakhir pihaknya kembali memutakhirnya data pemilih sesuai instruksi KPU termasuk mendata para penyandang disabilitas grahita (sakit jiwa).

Rapat pleno rekapitulasi penyempurnaan  DPT-HP 2, dibuka Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri selanjutnya dipimpin langsung Ketua Divisi Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH yang membacakan data pemilih tersebut per kabupaten/kota.

Baca: Sempat Tertunda, KIP Tetapkan Jumlah Pemilih Aceh pada Pemilu 2019, Ini Totalnya

Selain Ketua Syamsul Bahri dan Agusni AH dari KIP Aceh, rapat itu  turut dihadiri Wakil Ketua Tharmizi dan komisioner lainnya Munawarsyah, Muhammad, dan Akmal Abzal.

“Alhamdulillah KIP Aceh sudah rapat pleno tanpa rekomendasi, baik Panwaslih maupun parpol. Semuanya menerima dengan suka cita karena proses pemutakhiran dari berbagai kelompok data telah dilakukan verifikasi faktual secara cermat oleh penyelenggara di semua jenjang tingkatan KPU/KIP di Aceh,” kata Agusni kepada Serambi seusai rapat tersebut.

Agusni juga mengatakan, untuk sementara data tersebut sudah final dan akan disinkronkan di Jakarta sejak 12-14 Desember dan akan diplenokan secara nasional pada 15 Desember.

“Kami sinkron dulu, antara data manual dengan data sidalih harus sinkron 100 persen, tidak ada perbedaan,” katanya. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved