BPBD Data Korban Abrasi Sungai Kluet

Abrasi yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Kluet, tepatnya di Gampong Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan

BPBD Data Korban Abrasi Sungai Kluet
IST
Tiga Gampong dalam Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan yakni, Lawe Buluh Didi, dan kawasan Gapura perbatasan Desa Lawe Sawah dengan Desa Lawe Cimanok dikepung banjir, Sabtu (3/3/2018).

TAPAKTUAN - Abrasi yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Kluet, tepatnya di Gampong Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan yang merugikan warga setempat mulai didata pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma SSTP yang dikonfirmasi Serambi, Jumat (14/12), mengaku, pihaknya sudah menerima laporan menyangkut abrasi di aliran Sungai Kluet tersebut. Namun menyangkut penanganan sungai itu, jelasnya, menjadi kewenangan Dinas PUPR, sedangkan BPBD hanya menerima laporan dan mendata.

“Inilah yang tidak singkron, semestinya penanganannya juga di kami (BPBD). Sebab kami juga punya bidang tersebut. Saya rasa itu yang perlu dicari solusinya juga agar setiap persoalan demikian bisa langsung kita tangani,” ungkap Cut Sazalisma.

Meski begitu, Kalak BPBD mengakui, abrasi di daerah aliran sungai (DAS) Kluet tersebut tidak mampu ditangani sendiri oleh pemerintah daerah, sehingga butuh dukungan dari pemerintah provinsi. “Ya, kalau pemerintah daerah jelas tidak mampu, karena biaya untuk penanganannya cukup besar. Sebab, erosi itu terjadi bukan hanya di Gampong Pulo Kambing, namun hampir sepanjang aliran sungai,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Selatan, Ir T Bahrumsya belum berhasil dimintai tanggapannya. Saat dihubungi Serambi, yang bersangkutan tidak mengangkat telepon selulernya. Begitu juga SMS (pesan singkat) yang dikirim, hingga berita ini diturunkan, juga belum mendapat balasan.(tz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved