Singkil Direndam Banjir Kiriman

SEMENTARA itu, banjir kiriman mulai masuk ke wilayah Aceh Singkil, Jumat (14/12). Kondisi itu menyebabkan sejumlah desa

Singkil Direndam Banjir Kiriman
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Banjir merendam perumahan Rekompak di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, Sabtu (15/12/2018) 

SEMENTARA itu, banjir kiriman mulai masuk ke wilayah Aceh Singkil, Jumat (14/12). Kondisi itu menyebabkan sejumlah desa di wilayah ibu kota Kabupaten tersebut terendam. Desa yang tergenang antara lain, Desa Pemuka, Pea Bumbung, Ujung Bawang, Pasar Bagian Belakang, Siti Ambia lama, Kuta Simboling, Suka Makmur, Rantau Gedang, dan Desa Teluk Rumbia.

“Banjir kiriman mulai masuk tadi pagi (kemarin pagi-red),” kata Fardi Akwin, relawan PMI Aceh Singkil kepada Serambi, kemarin. Ketinggian air, sebut Fardi, mulai 25 centimeter sampai 50 cm. Menurut dia, ada sebagian rumah yang mulai digenangi banjir. “Namun, mayoritas rumah hanya tergenang di pekarangan lantaran dibangun lebih tinggi,” jelasnya.

Banjir kiriman tersebut berasal dari wilayah Subulussalam dan Aceh Tenggara. Luapan air dari dua wilayah tetangga Aceh Singkil itu memang bermuara ke laut Singkil. Sayangnya, aliran air sangat lambat masuk ke laut lantaran terjadi pendangkalan muara sungai. Kondisi itu membuat air sungai meluap ke permukiman penduduk.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved