MaTA: Hasil Evaluasi APBA dari Mendagri Harus Diketahui Masyarakat

Pemerintah Aceh harus membuka ke publik terkait apa saja hasil evaluasi APBA 2019 dari Mendagri, agar masyarakat mengetahuinya.

MaTA: Hasil Evaluasi APBA dari Mendagri Harus Diketahui Masyarakat
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Koordinator MaTA, Alfian. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Koordinator LSM Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Alfian menyampaikan Pemerintah Aceh harus membuka ke publik terkait apa saja hasil evaluasi APBA 2019 dari Mendagri, agar masyarakat mengetahuinya. 

"APBA kita sedang dalam proses evaluasi oleh Mendagri, saya pikir catatan-catatan dari Mendagri perlu ada kepatutan terutama dilevel DPRA maupun eksekutifnya," katanya saat menjadi narasumber tamu via telepon dalam program cakrawala membahas editorial (Salam) Serambi Indonesia di Radio Serambi FM, Kamis (20/12/2018). 

Talkshow itu mengangkat topik berjudul 'Tepat Waktu Oke, Tapi Isi APBA 2019 Apa Saja?'. Sebagai narasumber internal adalah Sekretaris Redaksi Harian Serambi Indonesia, Bukhari M Ali, sedangkan host-nya, Dosi Elfian.

Baca: MaTA Sorot Rendahnya Serapan DOKA

Alfian menambahkan selama ini hasil evaluasi dari Mendagri selalu ada 30 sampai 35 catatan berupa nomenklatur anggaran yang dilarang atau ditiadakan.

Akan tetapi pada proses pencatatan Mendagri itu, tidak terjadi kepatutan di daerah, artinya itu tetap dipertahankan.

"Kita harap Pemerintah Aceh membuka saja ke publik apa saja catatan dari Mendagri, kan publik  enggak tahu selama ini. Peran publik sangat penting untuk mengawasi ini," katanya. 

Selain itu, Alfian juga menyampaikan penetapan APBA 2019 dari awal pihaknya sudah memprediksikan bahwa ini akan cepat, karena ini adalah tahun politik.

Hal tersebut dilihat berdasarkan tren dari tahun pemilu-pemilu sebelumnya, sedangkan diluar tahun politik akan selalu terlambat.

Baca: MaTA Desak Pemerintah Aceh Keluar dari BPJS

Akan tetapi, kata Alfian, dalam konteks hari ini APBA 2018 dan APBA 2019 jauh sekali berbeda.

Halaman
12
Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved