Menristekdikti Lantik Rektor Unimal dan ISBI Aceh

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir, Kamis (20/12) melantik Dr Herman Fithra ST MT

Menristekdikti Lantik Rektor Unimal dan ISBI Aceh
IST
MENRISTEKDIKTI, Prof Mohammad Nasir menyalami Rektor ISBI Aceh, Dr Mirza Irwansyah seusai pelantikan di Gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Kamis (20/12) siang. Sementara Rektor Unimal, Dr Herman Fithra (kanan) menunggu pemberian ucapan selamat dari Menteri. 

JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir, Kamis (20/12) melantik Dr Herman Fithra ST MT sebagai Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara dan Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA sebagai Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh. Pelantikan kedua pimpinan.perguruan tinggi negeri di Aceh yang berlangsung di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, itu dihadiri sejumlah tokoh Aceh.

Selain dua rektor dari Aceh, pada kesempatan yang sama menteri juga melantik Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Rektor Universitas Riau, Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Rektor Universitas Tidar, Direktur Politeknik Indramayu, Direktur Politeknik Ketapang, Direktur Politeknik Madura, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah VIII.

Menristekdikti Mohamad Nasir berpesan agar pejabat yang dilantik senantiasa mengembangkan kreasi dan inovasi dalam menyongsong Era Desruption 4.0. “Meningkatkan kualitas tata kelola (transparansi, fairness, accountability, dan responsibility), meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, serta menghindari perlakuan diskriminatif,” ujar menteri.

Tokoh-tokoh Aceh yang hadir pada pelantikan itu, antara lain, H Adnan Ganto, mantan Pj Gubernur Kalsel dan Pj Gubernur Aceh, Tarmizi A Karim, mantan Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar, mantan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI T Hafil Fuddin, anggota DPR RI asal Aceh, Prof Apridar yang kemarin berakhir masa jabatannya sebagai Rektor Unimal, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Jasman J Ma’ruf, juga Sekretaris LL-Dikti Wilayah III Aceh, Dr Muhammad Ilham Maulana MT.

Sementara itu, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsyiah Jakarta diwakili oleh Sekretaris Umum Ir Dede Syarifuddin dan sejumlah pengurus lainnya. Jajaran petinggi Fakultas Teknik Unsyiah juga ikut meramaikan acara pelantikan tersebut.

Seperti diketahui, Dr Herman Fithra MT terpilih menjadi Rektor Unimal Periode 2018-2022 setelah dalam rapat senat tertutup di Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Senin (10/12), mengantongi suara terbanyak (46 suara). Ia unggul atas dua calon lain yaitu Iskandar Zulkarnaen PhD (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) yang meraih dua suara dan Dr Wesli MT (Dosen Fakultas Teknik) Unimal yang tak memperoleh dukungan.

Sementara, Dr Mirza Irwansyah MBA yang kini menjabat Rektor ISBI Aceh kembali terpilih sebagai rektor institut itu untuk periode 2018-2022 dalam Rapat Senat ISBI Aceh di Kota Jantho, Aceh Besar, Kamis (6/12). Lulusan S1 dari Institut Teknologi 10 November, Surabaya ini melanjutkan S2 dan meraih gelar MBA dan MLA di Amerika Serikat, sedangkan S3 ia raih di University of South Australia, Adelaide.

Seusai dilantik kemarin, putra Prof Dr Ibrahim Hasan, mantan gubernur Aceh ini seusai pelantikan kemarin mengatakan, dirinya akan berusaha keras mewujudkan harapan Menristekdikti dalam menyikapi perkembangan zaman. “Arahan Pak Menteri sudah jelas, dan kita usahakan mewujudkan good university governance, inovasi teknologi, dan kerja keras membangun kampus,” demikian Mirza Irwansyah.

Seusai pelantikan kemarin, Prof Dr Apridar menyerahkan memori akhir masa jabatan dalam bentuk buku kepada Herman untuk dilanjutkan. (fik/jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved