Sudah Dilaporkan ke Pusat

SEMENTARA itu, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT yang dimintai tanggapannya terkait permintaan anggota DPRA, Bardan Sahidi

Sudah Dilaporkan ke Pusat
Foto kiriman warga
Hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah mengakibatkan jembatan di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, putus. 

SEMENTARA itu, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT yang dimintai tanggapannya terkait permintaan anggota DPRA, Bardan Sahidi mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan kejadian ambruknya jembatan Jamur Ujung di lintas jalan nasional kepada Kepala BPJN I Aceh dan Dirjen Bina Marga ke Jakarta. Bahkan, jelsnya, laporan itu langsungh disampaikan satu hari setelah jembatan itu roboh digerus air bah.

“Kepada Dinas PUPR Aceh juga sudah saya perintahkan untuk segera membantu mendatangkan jembatan bailey sebagai pengganti jembatan beton yang roboh di kilometer 297,500, jalan Bener Meriah-Bireuen tersebut,” ujar Plt Gubernur.

Menurut Nova, laporan terakhir dari PPK yang menangani ruas jalan nasional lintas tengah, Ir Dedi, sekarang ini PPK sedang membongkar jembatan bailey di beberapa daerah yang sudah tidak digunakan, untuk dipasangkan sebagai pengganti jembatan yang putus tersebut. Dia menegaskan, Pemerintah Aceh sangat peka dan peduli dengan masalah transportasi karena merupakan urat nadi perekonomian rakyat.

“Kita tidak boleh main-main, harus serius mengurusnya. Makanya, jika ada jembatan dan jalan yang putus pada jalur strategis, seperti ruas jalan nasional, provinsi, dan antar kabupaten, segera ditangani. Tidak boleh dibiarkan terlalu lama, bisa membuat ekonomi masyarakat jadi terpuruk,” ulasnya.

PPK Balai PJN Wil I Aceh yang menangani jalan nasional lintas tengah, Dedi yang dimintai penjelasannya memaparkan, untuk mendatangkan jembatan bailey ke lokasi jembatan Jamur Ujung, butuh waktu tujuh hari. Jembatan bailey itu, sebutnya, saat ini sedang dibongkar di dua tempat dan akan langsung dipasangkan begitu tiba di lokasi.

Sebelum jembatan bailey dipasang, bebernya, masyarakat dari Bireuen yang ingin ke Bener Meriah dan Takengon atau sebaliknya, bisa melintasi jalan alternatif yaitu masuk dari Pante Raya dan ke luar dari Simpang Tritit dengan jarak sekitar 15 km.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved