Tujuh Pengungsi Rohingya Kabur

Tujuh dari 79 pengungsi muslim Rohingya yang ditampung di Kompleks SKB Cot Gapu, Bireuen, melarikan diri pada Jumat (21/12)

Tujuh Pengungsi Rohingya Kabur
IST
ACT Rohingya 2 

BIREUEN - Tujuh dari 79 pengungsi muslim Rohingya yang ditampung di Kompleks SKB Cot Gapu, Bireuen, melarikan diri pada Jumat (21/12). Pengungsi asal Myanmar itu diperkirakan kabur menjelang Subuh kemarin.

Kepala Dinas Sosial Bireuen Drs Murdani melalui Koordinator Pengungsi Rohingya Zulfikar GA alias Adun Tagana, didampingi Kepala Keamanan Kamp Pengungsi Rohingya di SKB Bireuen, Ruslan A Gani mengatakan, ketujuh pengungsi itu diperkirakan kabur sekira pukul 04.00 WIB. Diduga ada yang menjemput mereka di sekitar lokasi penampungan.

“Ini kali keempat ada yang melarikan diri. Tiga kali sebelumnya setelah lari para pengungsi itu dapat diamankan kembali di jalanan karena kebingungan, sebab tidak mengenal daerah dan tidak tahu tujuan,” kata Adun Tagana, yang diiyakan Ruslan.

Disebutkan Adun dan Ruslan, pengungsi Rohingya yang melarikan diri yaitu Shobbir Ahmad (19), Mohammad Shobbir (40), Mohammad Waras (15), Mohammad Shorib (15), Zakir Husson (23), Mohammad Yusuf (20), dan Abdul Hamid (20).

Dikatakan Ruslan A Gani, ketujuh pengungsi laki-laki yang kabur itu bukan yang pernah melarikan diri sebelumnya. Kali ini pelarian mereka lebih rapi, sehingga tidak kesasar di jalan.

“Kami tahu ada yang kabur saat sarapan pagi. Setelah dihitung, ada tujuh pria yang tidak ada lagi di tempat, tapi kami mencoba mencari ke sekitar kamp bahkan sampai ke Peusangan, ternyata tidak ditemukan juga,” ujar Ruslan.

Sekitar pukul 12.00 WIB, petugas kemudian melaporkan pelarian itu ke Kadis Sosial Bireuen. Diteruskan pula laporan ke kepolisian dan unsur terkait lainnya. Para pengungsi itu kemarin sore sempat dikumpulkan untuk dihitung ulang.

“Hingga malam ini ketujuh pengungsi Rohingya itu belum kembali. Kami sudah berusaha mencarinya ke sejumlah penjuru. Kami berharap dan meminta kepada masyarakat yang mengetahuinya agar dapat melapor ke petugas dan aparat keamanan terdekat,” pinta Adun Tagana, Jumat malam.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 79 pengungsi muslim Rohingya dari Myanmar yang terdampar di Pantai Bireuen sudah 8 bulan ditampung di SKB Bireuen. Mereka terdiri atas 44 laki-laki, 27 perempuan, dan 8 anak-anak. Lantaran melahirkan banyak masalah, Pemkab Bireuen memang berharap para pengungsi dipindah ke daerah lain yang lebih representatif, namun keinginan tersebut tak kunjung terealisasi.(c38)

pengungsi kabur
* Shobbir Ahmad (19)
* Mohammad Shobbir (40)
* Mohammad Waras (15)
* Mohammad Shorib (15)
* Zakir Husson (23)
* Mohammad Yusuf (20)
* Abdul Hamid (20)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved