Setelah Bersaing Ketat, Syahbuddin Pohan Pimpin Forum PRB Aceh Barat

Syahbuddin Pohan dari unsur RAPI ditetapkan sebagai ketua terpilih Forum Pengurangan Risiko Bencana (F- PRB) Aceh Barat,

Setelah Bersaing Ketat, Syahbuddin Pohan Pimpin Forum PRB Aceh Barat
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Peserta dari lintas organisasi foto bersama sambil mengacungkan salam tangguh seusai pemilihan Ketua Forum PRB Aceh Barat periode 2018-2022 di Aula Disnaker Aceh Barat di Meulaboh, dua hari lalu. 

Laporan Rizwan | Aceh Barat 

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Syahbuddin Pohan dari unsur RAPI ditetapkan sebagai ketua terpilih Forum Pengurangan Risiko Bencana (F- PRB) Aceh Barat periode 2018-2022 melalui Kongres I di Meulaboh, dua hari lalu.

Informasi yang diterima Serambinews.com menyebutkan, Kongres I Forum PRB Aceh Barat berlangsung satu rangkaian dengan penyusunan rencanan kontijensi penanggulangan bencana dan Sarasehan Pengurangan Risiko Bencana 2018 yang difasilitasi BPBD Aceh Barat pada 21-22 Desember 2018.

Sarasehan Pengurangan Risiko Bencana diikuti puluhan peserta dari insur pemerintah, dunia usaha, akademisi, TNI/Polri, media massa, orsos/ormas, dan berbagai organisasi/lembaga serta pegiat kebencanaan.

Baca: Forum PRB Bahani Mahasiswa Baru tentang Potensi Bencana

“Dipimpin oleh Steering Committee (SC), emua unsur organisasi yang menjadi peserta Sarasehan Pengurangan Risiko Bencana menyepakati Tata Tertib tentang Pembentukan Forum PRB Aceh Barat,” kata Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin mengutip laporan yang diterimanya.

Berpedoman pada tatib yang telah disahkan itu, selanjutnya peserta kongres berhasil menjaring lima bakal calon (balon) Ketua Forum PRB Aceh Barat dari lintas organisasi yaitu Drs Ansari Hamzah, Irsadi Aristora, Andi Muktisar SE, Syahbuddin Pohan, dan TM Syahril Indra.

Baca: FPRB Simeulue Galang Bantuan untuk Koban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

Pemilihan Ketua Forum PRB Aceh Barat hanya diikuti tiga calon yaitu Ansari Hamzah, Irsadi, dan Syahbuddin Pohan. Sedangkan Andi Muktisar dan TM Syahril mengundurkan diri.

Proses pemilihan dilaporkan sangat menegangkan karena terjadi kejar-kejaran suara antara Ansari Hamzah dan Syahbuddin Pohan. Berdasarkan perhitungan akhir, Ansari mengantongi 10 suara, Syahbuddin 11, dan Irsadi lima suara.

Baca: Forum PRB Aceh Serahkan Rp 24.830.000 untuk Lombok

Dengan hasil tersebut, pimpinan sidang menetapkan Syahbuddin Pohan yang juga Sekretaris RAPI Aceh Barat sebagai Ketua Terpilih Forum PRB Aceh Barat periode 2018-2022.

Pimpinan sidang memberikan waktu 90 hari kepada ketua terpilih bersama tim formatur untuk membentuk kepengurusan lengkap.

“Kami dari Forum PRB Aceh mengapresiasi Pemkab Aceh Barat melalui BPBD-nya yang telah memprakarsai pelaksanaan kongres hingga terpilih Ketua Forum PRB Aceh Barat periode 2018-2022. Insya Allah kita akan terus berkoordinasi untuk melaksanakan berbagai program yang terkait pengurangan risiko bencana,” kata Ketua Forum PRB Aceh.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved