Abrasi Sungai Alue Tho Ancam Permukiman

Masyarakat Desa Alue Tho, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya mengeluhkan abrasi yang terus terjadi di sungai

Abrasi Sungai Alue Tho Ancam Permukiman
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Sungai Krueng Teunom amblas akibat abrasi yang terjadi selama empat bulan terakhir 

CALANG – Masyarakat Desa Alue Tho, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya mengeluhkan abrasi yang terus terjadi di sungai kawasan desa setempat. Seperti yang disampaikan Zulmiadi, warga setempat, abrasi tersebut sudah sangat mengancam permukiman penduduk dan sejumlah fasilitas umum.

“Sejak pertama kali terjadi abrasi pada tahun 2011 hingga hari ini, belum ada tindakan atau pencegahan apapun dari dinas terkait atau Pemerintah Aceh Jaya,” keluh Zulmiadi kepada awak media, Selasa (25/12).

Ia menjelaskan, jika sekedar melihat dan mengukur area abrasi, memang sudah pernah dilakukan pihak pemerintah memalui dinas terkait pada tahun 2017 lalu. “Tapi, setelah itu tidak ada tindakan apapun, hanya datang, lihat, dan ukur,” tukasnya.

Hingga saat ini, sebut dia, ada sekitar 5 rumah warga, 1 meunasah, dan 1 Polindes yang terancam amblas akibat abrasi Sungai Alue Tho. “Kita berharap, ada pencegahan atau solusi dari pemerintah untuk menanggulangi abrasi yang dapat mengancam perumahan warga ini,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, Drs HT Irfan TB mengungkapkan, abrasi Sungai Alue Tho akan ditangani melalui dana tanggap darurat kabupaten itu pada tahun 2019. Hal tersebut disampaikannya saat meninjau langsung lokasi abrasi Sungai Alue Tho. “Sesuai laporan keuchik, di aliran sungai ini dari Desa Curek hingga Alue Tho, ada 3 titik rawan abrasi, baik itu terhadap fasilitas umum maupun perumahan warga,” ujar Irfan TB.

Ia mengaku sudah memberikan perintah kepada Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menanggulangi abrasi dengan memasangkan beronjong pada titik-titik rawan tersebut. Pada kesempatan itu, orang nomor satu Aceh Jaya tersebut juga berjanji akan memperbaiki jalan lintas Curek dan Alue Tho. “Insya Allah, tahun 2019 ini akan kita pasang beronjong dan bangun jalan sepanjang 1 kilometer,” janjinya.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved