Momentum untuk Terus Bangkit

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat

Momentum untuk  Terus Bangkit
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Masyarakat Aceh Jaya mengikuti kegiatan peringatan 14 tahun Tsunami Aceh di Lapangan Monumen Tsunami Aceh Jaya. Rabu (26/12/2018). 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat nasional dan internasional yang telah mendukung rehabilitasi dan rekonstruksi pascakonflik dan bencana di Aceh.

Nova mengungkapkan, 14 tahun telah berlalu sejak musibah gempa dan tsunami melanda Aceh, namun sebagai masyarakat masih terus mengenang musibah tersebut. Tentu, masyarakat Aceh yang terkenal religius sangat sadar bahwa tsunami mengingatkan betapa kecil dan tak berdayanya manusia di hadapan Allah Swt.

“Peristiwa gempa dan tsunami pada dasarnya adalah peristiwa besar yang mengandung banyak hikmah. Ia bisa berupa ujian, sekaligus juga peringatan bagi kita. Yang pasti, peristiwa ini merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada kita,” kata Nova Iriansyah.

Peringatan 14 tahun musibah gempa dan tsunami Aceh tahun ini kata Nova, sengaja mengambil tema “Bangun Bersama, Siaga Utama”. Menurut Nova, peringatan ini menjadi momentum bagi masyarakat Aceh untuk terus bangkit.

Menurutnya, momentum peringatan juga menjadi penting dalam rangka membangun semangat masyarakat Aceh agar terus berkarya dalam berbagai aspek pembangunan menuju kehidupan masyarakat Aceh yang makmur dan sejahtera.

“Peringatan ini juga merupakan momentum untuk membangun budaya kesiagaan masyarakat Aceh dalam menghadapi berbagai ancaman bencana yang kerap terjadi di negeri kita,” kata Nova.

Walaupun bencana tersebut telah lama berlalu, kata Nova, luka dan trauma masyarakat Aceh dipastikan masih berbekas sampai dengan saat ini. Namun demikian Aceh bertekad untuk terus bangkit dan menatap hari esok yang lebih baik.

“Oleh karena itu melalui semangat peringatan ini, saya mengajak kita semua untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, mempertegas komitmen untuk menjaga perdamaian dan melanjutkan pembangunan, serta memperkuat ukhuwah dan merawat kebersamaan dalam keberagaman membangun Aceh yang lebih baik,” tuturnya.

Nova Iriansyah menyebutkan permasalahan fenomena alam tidak pernah henti menimpa rakyat Indonesia. Hal tersebut, kata Nova, menandakan Allah masih sayang kepada Indonesia. Terbaru adalah tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung Selatan atau dikenal dengan tsunami Selat Sunda.

Atas nama rakyat Aceh dan Kepala Pemerintah Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam. “Pemerintah Aceh telah hadir di hari kedua bencana. Insya Allah kita sedang menggalang bantuan seperti yang juga kita lakukan saat memberikan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Aceh kepada Lombok dan Palu,” ujar Nova.

Musibah serupa, ujar Nova, pernah dialami pula oleh masyarakat Aceh. Karena itu, pada peringatan 14 tahun tsunami Aceh, seluruh masyarakat diajak mengirimkan doa kepada korban yang terdampak tsunami Selat Sunda. (dan)

pesan moral
14 tahun tsunami

* Musibah tsunami adalah hikmah bagi masyarakat Aceh. Hikmah tsunami adalah pelajaran bahwa kita tidak ada apa-apanya dan bukan siapa-siapa sampai waktunya kita juga dipanggil menghadap Allah
* Karena tsunami Aceh dikenal dan dikenang oleh negara-negara luar, karena tsunami masyarakat dunia datang ke Aceh, membantu dan menggerakkan Aceh untuk bangkit ke arah yang lebih baik
* Tsunami terjadi agar kita mengenang dan menjadi renungan bahwa kita semua akan kembali kepada Allah, agar kita mendekatkan diri kepada Allah Swt
* Tsunami dan konflik berkepanjangan di Aceh telah menguatkan masyarakat Aceh. Tsunami tidak lantas menjadikan orang Aceh terpukul, justru bangkit untuk berbenah membangun Aceh yang lebih baik seperti yang dirasakan saat ini.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved