Hati-hati Berenang di Lut Tawar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah mengimbau para pengunjung Danau Lut Tawar

Hati-hati Berenang di Lut Tawar
Danau Lut Tawar 

TAKENGON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah mengimbau para pengunjung Danau Lut Tawar agar berhati-hati dan tidak mandi atau berenang sembarangan di lokasi yang dilarang. Imbauan itu dikeluarkan mengingat saat ini telah memasuki masa musim liburan akhir tahun, sehingga diperkirakan jumlah kunjungan ke Danau Lut Tawar akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.

“Imbauan ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elasri,kepada Serambi, Kamis (27/12).

Dia menyebutkan, ada beberapa titik di seputaran Danau Lut Tawar, khususnya di beberapa lokasi objek wisata, yang dilarang untuk mandi maupun berenang karena dasar danau yang cukup dalam. Ditambah lagi, tingginya curah hujan sehingga membuat debit air bertambah.

Disisi lain, hujan juga mengakibatkan beberapa tebing jalan di seputaran Danau Lut Tawar menjadi renggang sehingga rawan terjadi tanah longsor. Untuk itu, bagi warga yang hendak menuju lokasi-lokasi wisata agar memperhatikan kondisi cuaca. “Kalau terjadi hujan deras, jangan berada atau berhent di bawah tebing jalan yang diperkirakan rawan longsor,” pintanya.

Berdasarkan pantauan Serambi, sejak beberapa hari terakhir, jumlah kunjungan ke sejumlah objek wisata yang ada di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah mulai meningkat seiring memasuki masa liburan. Kunjungan ke sejumlah objek wisata, bukan hanya pengunjung dari luar daerah, tetapi warga lokal juga banyak yang menikmati hari libur di lokasi-lokasi wisata.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar daerah, ada beberapa objek wisata di Kota Takengon yang menarik untuk dikunjungi. Objek-objek wisata tersebut, di antaranya ada seputaran Danau Lut Tawar, Puncak Bur Telege, Kampung Bale, Puncak Pantan Terong, serta wahana arung jeram Lukup Badak, Kecamatan Pegasing.(my)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved