Banjir Bandang Kembali Hanyutkan 12 Rumah di Aceh Tenggara, Bupati Siapkan Lahan Relokasi 

Sebanyak 12 rumah hanyut diterjang banjir bandang Desa Natam Baru, Kecamatan Badar, Agara, Jumat (28/12/2012) sekitar pukul 19.00 WIB.

Banjir Bandang Kembali Hanyutkan 12 Rumah di Aceh Tenggara, Bupati Siapkan Lahan Relokasi 
Foto kiriman warga
Sebanyak 12 rumah hanyut diterjang banjir bandang yang kembali terjadi di Desa Natam Baru, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara, Jumat (28/12/2018). 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Sebanyak 12 rumah hanyut diterjang banjir bandang Desa Natam Baru, Kecamatan Badar, Agara, Jumat (28/12/2012) sekitar pukul 19.00 WIB.

Dampak lainnya, ratusan hektare lahan pertanian terancam gagal panen dan arus transportasi terganggu akibat pekerjaan material banjir bandang, menumpuk di jalan nasional Aceh Tenggara menghubungkan ke Sumatera Utara.

Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim, kepada Serambinews.com, Sabtu (29/12/2018) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dapur umum, posko kesehatan, dan posko pengungsian untuk para korban banjir bandang.

Namun, saat ini para korban masih memilih mengungsi di rumah kerabat/familinya.

Baca: Malam Ini, Belasan Rumah di Natam Baru, Aceh Tenggara Kembali Diterjang Banjir Bandang

Pantauan Serambinews.com, dalam tiga hari terakhir, banjir bandang juga menimpa warga Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam, yang mengakibatkan enam rumah rusak, serta ratusan rumah lainnya di Desa Kayu Mbelin, Kecamatan Lawe Sigala-gala dan Kota Kutacane, terendam.

Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Lawe Bulan meluap dan turut membuat oprit jembatan Mbarung amblas.

Sebelumnya, puluhan rumah di Desa Natam Baru, Kecamatan Badar, Agara, lebih dulu diterjang banjir bandang, pada Jumat (30/11/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

Penghulu Kute (kepala desa) Natam Baru, Rudi, mengatakan bahwa rumah hanyut mencapai 21 unit, rumah rusak sedang 1 unit, dan rumah rusak ringan 25 unit.

Baca: Penyebab Banjir Bandang di Agara Karena DAS Alas Makin Kritis, Ini Datanya

Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim berjanji akan merelokasi korban bandang Desa Natam Baru ini, ke daerah aman dari bencana banjir bandang.

Ia menyatakan, telah menyiapkan lahan seluas 1,5 hektare untuk merelokasi korban banjir bandang yang teklah kehilangan rumah, dan untuk warga yang rumahnya terancam banjir.

"Kami hanya menyediakan tanahnya saja untuk mereka membangun rumah di lokasi tersebut," ujar Raidin Pinim, Sabtu (29/12/2018).(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved