Tim BKSDA Lakukan Otopsi

TIM dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan tim gabungan dari Polres Bireuen dan Bener Meriah

Tim BKSDA Lakukan Otopsi
FOTO DOK PERANGKAT DESA PANTE PEUSANGAN
Mati-Seekor gajah ditemukan mati di kawasan Desa Pante Peusangan, Juli Bireuen pada Kamis (27/12) sore. FOTO DOK PERANGKAT DESA PANTE PEUSANGAN 

TIM dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan tim gabungan dari Polres Bireuen dan Bener Meriah,Jumat (28/12) siang kemarin telah turun ke lokasi ditemukannya ‘Si Bongkok’. Dalam kunjungan tersebut, tim kesehatan dari BKSDA langsung melakukan otopsi untuk mengetahui penyebab kematian gajah.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan belum bisa memastikan penyebab kematian gajah tersebut. “Sejauh ini belum bisa dipastikan penyebab kematiannya sehingga perlu dilakukan otopsi,” katanya kepada wartawan.

Otopsi dilakukan oleh Dokter Hewan (drh) Rosa Rika Wahyuni MSi dan tim yang disaksikan langsung oleh Kasatreskrim Polres Bener Meriah Iptu Wijaya Yudi, Kepala Pusat Latihan Gajah Aceh, Andi Aswinsyah, dan juga KBO Satreskrim Polres Bireuen Ipda Safaruddin. Kapolsek Juli Ipda Prawira Wardany STrK juga hadir, termasuk Babinsa Pante Peusangan Serda Efendi.

Adapun sampel yang diambil antara lain berupa limpa, paru-paru, jantung, hati dan usus. Organ dalam tersebut selanjutnya akan dibawa ke laboratorium forensik untuk memastikan apakah gajah tersebut diracunatau mati secara wajar. “Gajah yang dijuluki si Bongkok ini kondisinya memang ada luka di bagian selangkangan paha kanan dan pinggulnya, diduga akibat serangan gajah lain. Gajahkan sering berantam saat berebut betina dan wilayah kekuasaan,” ujar Sapto.

Sementara drh Rosa Rika Wahyuni usai melaksanakan otopsi mengatakan, diagnosa sementara ada dua kemungkinan. Pertama dugaan karena infeksi sekunder dari luka fraktur (retak atau patah tulang) dan luka di beberapa bagian tubuh gajah. Kemudngkinan kedua ada kecurigaan disebabkan keracunan.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved