Warga Sekitar Sungai Lawe Bulan Diminta Pindah

Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara (Agara), Ramisin, meminta masyarakat yang tinggal

Warga Sekitar Sungai  Lawe Bulan Diminta Pindah
SERAMBI/ASNAWI
BANJIR BANDANG: Inilah banjir bandang Desa Natam Baru, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara yang terjadi pada Jumat (28/12) yang menyebabkan 12 rumah hanyut. Sabtu (29/12). SERAMBI/ASNAWI 

KUTACANE - Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara (Agara), Ramisin, meminta masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Lawe Bulan, Aceh Tenggara, diminta untuk pindah ke daerah yang lebih aman dari ancaman banjir maupun banjir bandang.

“Agara berpotensi banjir dan warga harus tetap siaga. Jadi, warga yang berada di bantaran di DAS Lawe Bulan harus segera pindah,” katanya.

Pihaknya khawatir, apabila nanti banjir bandang kembali terjadi, maka ribuan rumah berkontruksi papan dan semi permanen di sepanjang DAS bakal disapu banjir. “Kita ingatkan jangan lagi ada yang mendirikan rumah di tepi Sungai Lawe Bulan, karena sangat berbahaya apabila tanah di DAS itu amblas akan berdampak terhadap pemukiman penduduk,” pintaRamisin.

Beberapa waktu lalu ia sebutkan, akibat Sungai Lawe Bulan meluap, ribuan rumah warga sempat terendam banjir,dan memutuskan dua jembatan.(as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved