Kabar Terbaru Gunung Berapi Indonesia: Anak Krakatau Berstatus Siaga, Gunung Sinabung Level IV Awas

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung (PVMBG) merilis data terbaru mengenai gunung di Indonesia pada Jumat (4/1/2019) kemarin.

Kabar Terbaru Gunung Berapi Indonesia: Anak Krakatau Berstatus Siaga, Gunung Sinabung Level IV Awas
ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki/af/hp. (WELI AYU REJEKI)
Asap hitam menyembur saat terjadi letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, Banten, Senin (10/12/2018). Berdasarkan data yang terekam di Pos Pengamatan GAK di Pasauran, Serang, sejak Jumat (7/12) hingga Minggu (9/12) GAK mengeluarkan 204 letusan awan hitam setinggi 150-300 meter dengan durasi 31-72 detik diiringi 22 kali gempa vulkanik sehingga statusnya masih pada level wasada. ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki/af/hp. (WELI AYU REJEKI) 

SERAMBINEWS.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung (PVMBG) merilis data terbaru mengenai gunung di Indonesia pada Jumat (4/1/2019) kemarin.

Hal itu seperti mengutip dari akun twitter resmi milik PVMBG yakni @vulkanologi_mbg.

"Laporan Kebencanaan Geologi 4 Januari 2019," tulis melalui akun resmi twitter @vulkanologi_mbg.

Dalam Linknya tersebut Gunung Anak Krakatau naik statusnya dari sebelumnya yang berstatus Waspada II.

Kenaikan Level Status tersebut sejak 27 Desember 2018 lalu hingga kini menjadi Level III (Siaga).

Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah

Data terbaru yang mengutip dari laman resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung (PVMBG) mengatakan, jika hingga Jumat (4/1/2019) visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

"Asap kawah teramati dengan tinggi sekitar 200 - 2000 meter dari puncak berwarna putih tipis - kelabu. Angin bertiup sedang ke arah baratdaya, utara dan baratdaya," tulis dalam website resmi PVMBG.

Selain Gunung Anak Krakatau yang berstatus level III (Siaga), Gunung Sinabung di Sumatera Utara justru malah berstatus Awas (IV).

PVMBG mengatakan, jika tingkat aktivitas Level IV (AWAS), Gunung Sinabung (2460 m dpl) mengalami erupsi menerus sejak tahun 2013.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved