Lagi, Pengungsi Rohingya Kabur dari SKB Bireuen

Sebanyak empat pengungsi Rohingnya yang selama ini ditampung di kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu

Lagi, Pengungsi Rohingya  Kabur dari SKB Bireuen
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Pengunsi Rohingnya di SKB Cot Gapu Bireuen sebelum kabur. SERAMBI 

BIREUEN - Sebanyak empat pengungsi Rohingnya yang selama ini ditampung di kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Jumat (4/1) sekitar pukul 20.30 WIB, kembali kabur. Sebelumnya, sudah 21 orang kabur dari lokasi penampungan tersebut. Dengan demikian, pengungsi Rohingnya yang awalnya ditampung di tempat itu sebanya 79 jiwa, kini hanya tersisa 54 orang.

Koordinator Keamanan Pengungsi Rohingya, Ruslan Abdul Gani SE kepada Serambi, Sabtu (5/1) mengatakan, empat orang yang kabur masing-masing bernama Muhammad Ziaurahman (23), Soyot Amin (35), Noor Hakim (15), dan Muhammad Sobir (30). Dijelaskan, ketika hendak makan malam pada Jumat (4/1) sekitar pukul 20.00 WIB, petugas keamanan menghitung jumlah pengungsi Rohingya baik laki-laki maupun perempuan masih lengkap seperti sebelumnya yaitu 58 orang.

Kemudian, dilanjutkan dengan makan malam bersama. Seusai makan malam atau sekitar pukul 20.30 WIB, petugas melakukan patroli. Saat itu petugas mulai curiga karena ketika melihat ke barak ada di antara Rohingya yang wajahnya sudah dikenal tidak terlihat lagi. Lalu, petugas meminta semua pengungsi itu untuk berkumpul. Kecurigaan petugas ternyata benar. Sebab, saat dihitung empat orang tak ada lagi di tempat. Mereka diperkirakan kabur dari arah belakang SKB Cot Gapu.

Setelah itu, petugas langsung mencari keempat warga Rohingya itu ke sekeliling lokasi pengungsian dan desa sekitar, tapi tidak juga ditemukan. Disebutkan, sejak 10 hari lalu petugas memperketat penjagaan/ronda keliling dari dalam sampai ke luar tempat pengungsian itu. Tapi, tetap saja ada warga Rohingya yang kabur. Diduga, hal itu terjadi karena ada di antara pengungsi tersebut yang mengawasi petugas. Kasus kaburnya Rohingnya untuk ketiga kali tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Sosial dan Polres Bireuen.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved