Unsyiah Lantik 11 Dokter Spesialis

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, mengambil sumpah dan melantik 11 orang dokter

Unsyiah Lantik 11 Dokter Spesialis
SERAMBI/HERIANTO
22 Dokter baru Fakultas Kedokteran Unsyiah, diambil sumpah oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah, Prof Dr dr Maimun Syukri, Selasa (8/1). 

* Dan 22 Dokter Umum

BANDA ACEH - Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, mengambil sumpah dan melantik 11 orang dokter spesialis dan 22 orang dokter umum, dalam sidang senat terbuka yang dipimpin Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah, Prof Dr dr Maimun Syukri SpPD KGH. Pelantikan yang berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran Unsyiah itu berlangsung dua hari, Senin dan Selasa (7-8/1).

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan 11 dokter spesialis dan 22 dokter umum itu dihadiri Wakil Rektor I Unsyiah, Prof Dr Ir Marwan, Wakil Rektor II Unsyiah, Dr Ir Agus Sakti MSi, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Kepala Rumah Sakit Jiwa, Direktur RSUZA, orang tua wali mahasiswa dan undangan lainnya.

Usai pengambilan sumpah dan melantik 22 dokter umum, Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah Prof Dr dr Maimun Syukri SpPD KGH kepada Serambi Selasa (8/1) mengatakan, 22 orang dokter umum yang diambil sumpah dan pelantikannya itu merupakan pengambilan sumpah dan pelantikan dokter umum untuk angkatan ke-115.

Sehari sebelumnya, kata Maimun Syukri, pihaknya juga sudah mengambil sumpah dan melantik 11 dokter spesialis, yaitu lima spesialis bedah lulusan alumni ke-27, lima sepesialis penyakit dalam, lulusan alumni ke-42 dan satu orang dokter obstetri dan ginekologi lulusan alumni ke-4.

Dikatakan, jumlah lulusan dokter spesialis dan dokter umum dari Fakultas Kedokteran Unsyiah setiap tahunnya berfluktuasi, kadang kala meningkat dan kadang kala berkurang. Hal itu disebabkan, berbagai faktor. Antara lain karena jumlah mahasiswa yang bisa menyelesaikan tepat waktu tidak setiap tahun banyak.

Faktor lain, karena fasilitas yang dimiliki Fakultas Kedokteran Unsyiah belum maksimal, sehingga kita perlu memaksimalkannya, dengan melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dukungan dan bantuan dana dari para alumninya.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dokter umum dan dokter spesialis, yang sudah lulus uji kompetesi profesinya harus dilakukan segera mungkin, agar kita tidak menghambat karir mereka yang ingin melanjutkan studi dan pengabdiannya kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unsyiah, Dr Ir Agussabti MSi dalam pidato pengarahannya yang mewakili Rektor Unsyiah, Agussabti mengatakan, profesi dokter itu sangat mulia dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat. Karenanya dia mengingatkan agar para dokter tidak sombong, angkuh, tapi harus ramah dan banyak sabar, serta selalu tersenyum dalam melayani pasien.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved