Bea Cukai Langsa Hibahkan Tiga Ton Bawang Merah Sitaan untuk Dibagikan ke Warga Miskin

Bawang merah ini dinyatakan bebas Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan layak untuk dikonsumsi.

Bea Cukai Langsa Hibahkan Tiga Ton Bawang Merah  Sitaan untuk Dibagikan ke Warga Miskin
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Kepala Bea Cukai Kuala Langsa dan Asisten II Pemko Langsa, saat penyerahan bawang merah. 

Laporan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Kuala Langsa, Rabu (16/1/2019) menghibahkan bawang merah 630 karung atau sekitar ton lebih, kepada Pemko Langsa untuk dibagikan kepada warga miskin.

Bawang merah ini diperkirakan bernilai Rp 66.688.272, diserahkan Kepala KPPBC TMP C Kuala Langsa, M Syuhadak, dan diterima Asisiten II Setdakot Langsa, Drs H Abdullah Gade, di halaman KPPBC setempat.

Kepala KPPBC TMP C Kuala Langsa, M Syuhadak, mengatakan, bawang merah yang dihibahkan ini berasal dari muatan kapal motor tanpa nama, merupakan barang kepabeanan atau barang ilegal yang berhasil digagalkan cukai Langsa Tim Patla BC 15030.

Ratusan karung bawang merah ilegal tersebut disita petugas Bea Cukai bersama kapal motor yang mengangkutnya, di Dermaga Gampong Matang Seuping, Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang, pada Selasa (8/1/2018) lalu.

Baca: Pejabat Senior Intelijen Amerika Serikat Mulai Akui Kehebatan Teknologi Militer China

Baca: 280 Polisi Dikerahkan Untuk Kawal Dimas Kanjeng Saat Hadiri Pernikahan Putrinya

Baca: Redmi 7 Segera Meluncur dengan Konsep Barunya, Berikut Bocoran Spesifikasi dan Harganya

"Atas upaya penyelundupan bawang merah ilegal ini, kita memperkirakan kerugian negara dari sektor perpajakan mencapai Rp 23.340 895," ujarnya.

M Syuhadak menambahkan, hibah barang milik negara berupa bawang merah ini kepada Pemko Langsa, sebelumnya juga telah dilakukan pengujian di laboratorium Karantina Pertanian.

Bawang merah ini dinyatakan bebas Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan layak untuk dikonsumsi.

Kemudian penghibahan juga telah mendapat persetujuan hibah barang yang menjadi milik Negara dari Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Lhokseumawe Nomor S02/MK.06/WKN DSKNL 02/2018, tanggal 14 Januan 2019.

Asisten II Drs H Abdullah Gade, di sela penyerahan bawang merah sitaan ini menyebutkan, bawang merah sebanyak 630 karung ini melalui Dinas Sosial setempat akan segera diberikan atau disalurkan kepada mayarakat kurang mampu.(*)

Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved