Breaking News:

Yusril Berhasil Yakinkan Jokowi untuk Bebaskan Abubakar Baasyir dari LP Teroris Gunung Sindur

Abubakar Baasyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana lima belas tahun yang dijatuhkan kepadanya.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Yusmadi
FOTO KIRIMAN YUSRIL IHZA MAHENDRA
Penasehat Hukum Jokowi Ma’ruf Amin, Prof Yusril Ihza Mahendra berdialog dengan Abubakar Baasyir di LP Teroris Gunung Sindur, Bogor, Jumat (18/1/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Umum Partai Bulan Bintang yang juga Penasehat Hukum Jokowi Ma’ruf Amin, Prof Yusril Ihza Mahendra berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan Ustaz Abubakar Baasyir dari LP Teroris Gunung Sindur, Bogor, Jumat (18/1/2019).

Abubakar Baasyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana lima belas tahun yang dijatuhkan kepadanya.

"Sudah saatnya Baasyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan. Pak Jokowi berpendapat bahwa Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan," kata Yusril dalam rilisnya yang dikirim ke Serambinews.com.

Baasyir kini telah berusia 81 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang makin menurun.

Dalam rilis itu disebutkan, Jokowi menegaskan bahwa ia sangat prihatin dengan keadaan Ustaz Abubakar dan karena itu meminta Yusril untuk menelaah, berdialog, dan bertemu Abubakar Baasyir di LP Gunung Sindur.

Semua pembicaraan dengan Baasyir dilaporkan Yusril ke Jokowi, sehingga Presiden yakin bahwa cukup alasan untuk membebaskan Baasyir dari penjara.

Baca: Saat Ditanya Tentang Teror Bom di Surabaya, Ini Tanggapan Abu Bakar Baasyir

Baca: Abu Bakar Baasyir: Saya Tidak Bersalah, Untuk Apa Minta Maaf Pada Manusia

Baca: Abu Bakar Baasyir Dapat Remisi Pada Hari Kemerdekaan ke-72 RI

Baca: Santoso dan Abu Bakar Baasyir Bagian dari ISIS?

“Saya sangat menghormati para ulama. Saya tidak ingin ada ulama yang berlama-lama berada dalam lembaga pemasyarakatan,” ujar Yusril.

Karena itu Presiden Jokowi segera memerintahkan jajarannya untuk membebaskan Baasyir. Penangkapan Baasyir dengan tuduhan terorisme terjadi pada masa pemerintahan SBY.

Pembebasan Baasyir akan dilakukan secepatnya sambil membereskan administrasi pidanya di LP.

Baasyir sendiri minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di penjara. Setelah bebas, lanjut Yusril, Baasyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim.

Yusril menyampaikan, Ustaz Abubakar Baasyir mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah atas pembebasannya ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya.

Kepada juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit, Baasyir mengatakan “Pak Yusril ini saya kenal sejak lama.

Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” kata Yusril mengulang ucapan Baasyir.

Yusril datang ke LP Gunung Sindur ditemani Dr Yusron Ihza dan Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor. Ia didaulat untuk menjadi imam dan khatib Jum’at di Mesjid LP.

Keluarga Ustaz Abubakar Baasyir juga datang dari Solo. Hadir pula pengacara Abubakar Baasyir, Achmad Michdan yang turut bersyukur atas bebasnya Baasyir. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved