Kemenag Aceh Serahkan Donasi untuk Palu

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh menyerahkan bantuan

Kemenag Aceh Serahkan Donasi untuk Palu
IST
KABAG TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE menyerahkan bantuan untuk korban gempa, tsunami, dan likuifaksi Sulawesi Tengah melalui Ketua Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana Kemenag RI, Oman Fathurahman di Kantor Kemenag RI, Jakarta. Jumat (18/1). 

* Sebanyak Rp 585 Juta

JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh menyerahkan bantuan senilai Rp 585 juta untuk korban gempa, tsunami dan likuifaksi Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan itu diserahkan Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE kepada Ketua Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana Kemenag RI, Oman Fathurahman, Jumat (18/1), di Kantor Kemenag RI, Jakarta.

Bantuan sebanyak itu merupakan hasil penggalangan dana terhadap ASN di setiap ruang lingkup Kemenag Aceh, mulai dari Madrasah, KUA, Kankemenag kabupaten/kota se-Aceh, dan jajaran Kanwil Kemenag Aceh.

Kabag TU Kemenag Aceh, Saifuddin mengatakan, bantuan donasi yang dihimpun merupakan bentuk empati dan kebersamaan dari ASN Kemenag Aceh terhadap warga Sulawesi Tengah yang sedang ditimpa musibah Gempa, Tsunami, dan likuifaksi. “Bantuan ini sudah kami kirim langung ke rekening tanggap darurat Kemenag RI. Semoga bermaanfaat bagi saudara-saudara kita di sana,” ujar Saifuddin.

Saifuddin atau yang akrab disapa Yahwa menambahkan, bantuan itu diharapkan mampu membangkitkan kembali kondisi di Palu, Donggala dan sekitarnya. Ia menjelaskan, pada saat gempa Pidie Jaya akhir 2016 lalu, ASN Kemenag se-Indonesia menyalurkan bantuan kepada warga Pijay. Bahkan dana yang terkumpul dari seluruh Indonesia saat itu mampu dibangun satu kompleks madrasah. Sehingga, lanjutnya, saat ini giliran ASM Kemenag Aceh berpartisipasi membantu daerah lain.

Oman Fathurahman usai menerima bantuan tersebut menyampaikan terimakasih kepada ASN Kemenag Aceh. Dikatakan, ASN sudah rutin dalam beberapa bencana besar menyalurkan bantuan. Menurutnya, bantuan itu sangat memberi dampak dalam menyambung hidup korban dan bangkitnya daerah tersebut.

“Alhamdulillah sejauh ini bantuan dari Kemenag sangat membantu dan kita juga mengawal akuntabilitasnya agar tetap terjaga. Mudah-mudahan bantuan ASN ini bisa kita sampaikan kepada yang berhak,” ujar Oman.

Sebelumnya, pada Agustus 2018, Kakanwil Kemenag Aceh. HM Daud Pakeh juga sudah menyerahkan sumbangan ASNnya untuk korban Gempa Lombok sebesar Rp 538,8 juta.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved