BUMG Dapat Mencegah Kekosongan Pupuk

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat berperan mencegah kekosongan pupuk bagi petani yang kerap dialami saat musim tanam

BUMG Dapat Mencegah Kekosongan Pupuk
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
Balai tani-Kepala Dinas Pertanian Bireuen, M Nasir SP MSM bersama unsur Muspika, para penyuluh dan perangkat desa meresmikan balai pelatihan petani di Gampong Meunasah Timu, Peusangan Bireuen. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS 

BIREUEN – Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat berperan mencegah kekosongan pupuk bagi petani yang kerap dialami saat musim tanam tiba. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Bireuen, M Nasir SP MSM saat meresmikan balai pelatihan kelompok tani Harapan Maju di Gampong Meunasah Timu, Peusangan, Sabtu (19/1) kemarin.

M Nasir menyebutkan, hampir setiap musim tanam terjadi kekosongan pupuk di Bireuen karena berbagai sebab. Misalnya, mulai dari tingginya kebutuhan sampai kepada harga di atas ketentuan pemerintah. “Boleh jadi, juga disebabkan penyaluran terlambat kepada petani,” ungkapnya.

Untuk itulah, Kadistan Bireuen berharap tiap gampong mendirikan BUMG dengan dana bantuan desa. BUMG dapat berperan menampung pupuk dari distributor atau pengecer untuk kelompok tani di masing-masing desa. Kemudian, menyalurkan kepada petani sesuai Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk masing-masing kelompok tani.

Hadirnya BUMG, sebut Nasir, dapat memberikan manfaatkan bagi sektor pertanian, dan penyaluran pupuk yang dialokasikan sesuai kebutuhan petani. “Sejak setahun terakhir, sejumlah desa sudah mendirikan BUMG. Di mana keberadaanya untuk mengembangan peningkatkan kesejahteraan petani, promosi hasil pertanian, dan ketrampilan,” katanya.

Balai pelatihan yang diresmikan kemarin berada di areal persawahan Desa Meunasah Timu, Peusangan Bireuen dibangun dengan dana bantuan desa tahun 2018. Kepala Desa setempat, Edinur Abdulgani mengatakan, balai pelatihan tani juga berfungsi sebagai pertemuan kelompok tani, istirahat, dan tempat ibadah bagi para petani.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved