Masyarakat Tagih Janji Bupati Bangun Tanggul

Masyarakat Desa Alue Thoe, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya meminta Bupati T Irfan TB untuk menepati janji yang telah disampaikannya

Masyarakat Tagih Janji Bupati Bangun Tanggul
serambi/Rizki Bintang
Pengedara roda dua dan roda empat sedang melewati badan jembatan yang sedang diperbaiki di kawasan jalan nasional Desa Krueng Unoe KM 103, Kecamatan Sampoinet, Aceh Jaya. Sabtu (19/1)serambi/Rizki Bintang 

CALANG – Masyarakat Desa Alue Thoe, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya meminta Bupati T Irfan TB untuk menepati janji yang telah disampaikannya untuk membangun tanggul pengaman tebing daerah aliran sungai (DAS) Krueng Alue Tho. Hal tersebut disampaikan Zulkifli, seorang warga setempat kepada Serambi, Jumat (18/1), terkait informasi yang diberikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Jaya di mana pembangunan tanggul pengaman tebing sungai tersebut tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan anggaran.

“Kita meminta sesuai dengan apa yang sudah disampaikan Bupati kepada kita kemarin, saat meninjau abrasi di kawasan ini,” harapnya. Menurut Zulkifli, seorang pemimpin itu yang dipegang adalah omongannya dan tidak mengeluarkan pernyataan yang berbeda. “Kemarin, ada orang dari PU mengukur lokasi yang mau dibangun dan kata mereka anggaran yang dibutuhkan sangat tinggi. Jadi, tidak bisa dibangun tanggul, melainkan akan dilakukan pemindahan sungai,” ujarnya.

Pemindahan sungai itu, ulas dia, juga tidak akan membuat abrasi yang terjadi sekarang berkurang. “Mereka juga mengukur terlalu jauh, padahal bisa dibangun tanggul 20 meter saja sudah cukup, namun ini mereka mengukur dengan jarak mencapai 100 meter,” sebutnya.

Data yang disampaikan pihak PU menyebutkan, jika membangun tanggul maka membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Tapi, jika hanya dilakukan pemindahan sungai maka hanya menghabiskan dana sekitar Rp 80 jutaan saja. Untuk itu, ia berharap agar Pemkab Aceh Jaya tetap membangun tanggul pengaman tebing dan tidak mengubah apa yang telah disampaikan Bupati kepada warga.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved