Irigasi Aleu Thoe Jebol Lagi

Ratusan hektare (ha) sawah yang sedang digarap di Gampong Krueng Pantoe dan Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee

Irigasi Aleu Thoe Jebol Lagi
IST
Tanggul beton bendungan Irigasi Alue Thoe di Gampong Krueng Pantoe, Kuala Batee, Abdya, kembali jebol diterjang banjir, Minggu (20/1/2019). Dampaknya, tidak kurang 200 ha lahan sawah sedang digarap MT Rendengan 2018/2019 mengalami kekeringan 

* Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

BLANGPIDIE - Ratusan hektare (ha) sawah yang sedang digarap di Gampong Krueng Pantoe dan Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami kekeringan akibat putusnya pasokan air, setelah tanggul Irigasi Alue Thoe jebol lagi diterjang banjir saat hujan lebat, Minggu (20/1).

Padahal, irigasi yang dibangun tahun 2014 itu pernah rusak parah dihantam banjir pada 4 Oktober 2018. Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kuala Batee, Minggu (20/1) pagi, memang mengakibatkan aliran Krueng Pantoe kembali meluap. Luapan banjir itu lalu menerjang sampai jebol beton tanggul Irigasi Alue Thoe. “Tanggul yang masih tersisa itu jebol lagi sekira pukul 10.00 WIB, akibat diterjang banjir,” kata Syamsuir, warga Gampong Krueng Pantoe kepada Serambi, kemarin.

Peristiwa ini mengakibatkan irigasi tersebut kembali tidak berfungsi. Eksesnya, para petani pun dibuat resah karena suplai air ke sawah mereka di Gampong Krueng Pantoe dan Blang Makmur yang dalam proses digarap untuk musim tanam (MT) Rendengan 2018/2019 putus lagi. “Bila tidak segera ditagani, maka lahan yang sudah diolah akan kering kerontang sehingga harus digarap ulang,” keluh Rusli, warga Kuala Batee.

Para petani sangat mengharapkan bantuan penanganan dari BPBD Abdya karena penanganan secara manual oleh petani tidak mungkin dilaksanakan. Sebab, tanggul beton yang sudah jebol harus dipasang batang kelapa sebagai tanggul bendungan sementara sehingga perlu bantuan alat berat untuk memancang batang kelapa.

Sementara itu, Kepala BPBD Abdya, Amiruddin saat dihubungi Serambi, Senin (21/1), mengaku, pihaknya telah menerima laporan dari Plt Camat Kuala Batee, Khairuman tentang kerusakan Irigasi Alue Thoe akibat banjir yang terjadi, Minggu kemarin. Dari laporan yang diterimanya, kerusakan terjadi pada sisa beton tanggul yang selamat dalam peristiwa banjir pada Oktober 2018 lalu.

Amiruddin menjelaskan, staf dari BPBD juga sudah turun ke lokasi untuk melihat kondisi lapangan. “Tentang kemungkinan ditangani secara darurat, saya segera berkoordinasi dengan Asisten Ekonomi dan Pembangunan,” tukas Kepala BPBD Abdya.(nun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved