Bupati Bireuen Resmikan Makam Habib Bugak Al-Asyi di Desa Pante Peusangan Jangka

Pemugaran Makam Habib Bugak Al-Asyi itu menghabiskan anggaran mencapai Rp 1 miliar.

Bupati Bireuen Resmikan Makam Habib Bugak Al-Asyi di Desa Pante Peusangan Jangka
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Bupati Bireuen Saifannur meresmikan makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi (Habib Bugak Al-Asyi) di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Ferizal Hasan l Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Bupati Bireuen H Saifannur SSos, meresmikan makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi (Habib Bugak Al-Asyi) di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, Kamis (24/1/2019).

Sebagaimana diketahui, Makam Habib Bugak Al-Asyi tersebut dipugar oleh prajurit TNI jajaran Kodim 0111/Bireuen, bersama Pemkab Bireuen dan masyarakat setempat, melalui program Operasi Teritorial (Opster)TNI Kodam Iskandar Muda di wilayah Kodim 0111/Bireuen.

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Amrul Huda dalam sambutannya pada acara peresmian makam tersebut mengatakan, pemugaran Makam Habib Bugak Al-Asyi itu menghabiskan anggaran mencapai Rp 1 miliar.

Baca: ‘Baitul Asyi’ Wakaf Habib Bugak di Mekkah

Sehingga makam tersebut kini tampak sangat indah dan rapi. Lantai makam telah dipasang granit. Sehingga makam menjadi sangat bersih. 

"Kami sangat bangga kepada para prajurit dan semua pihak yang telah bekerjasama membantu TNI dalam memugar Makam Habib Bugak Al-Asyi yang indah ini. Keindahan dan kebersihan di makam ulama besar ini terus kita jaga bersama," pinta Dandim.

Baca: Pahami Baik-baik, Begini Bunyi Ikrar Wakaf Habib Bugak Aceh di Mekah Ratusan Tahun Lalu

Sementara itu, Bupati Saifannur menambahkan, tahun ini Pemkab Bireuen akan membangun pagar di sekeliling makam dan akan membuka jalan baru, agar lebih mudah masuk mobil dan lebih dekat dari jalan kecamatan.

Rencana pembukaan jalan baru sepanjang 1.200 meter itu, jika tahun ini kurang dana akan dilanjutkan tahun depan. Karena  jalan masuk ke Makam Habib Bugak sekarang sempit dan susah masuk mobil.

"Makam Habib Bugak Al-Asyi ini juga akan kita kembangkan menjadi lokasi wisata religi atau wisata Islami dan wisata sejarah di Kabupaten Bireuen," janji Saifannur. 

Baca: VIDEO VIRAL - Ketika Anak Polisi Memanggil Mamanya di Makam, Ayahnya Menitiskan Air Mata

Hadir pada peresmian Makam Habib Bugak Al-Asyi itu, Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, Kajari Bireuen Mochamad Jeffry SH MHum, Wakil Bupati Dr Muzakkar A Gani SH MSi, Rektor Universitas Al Muslim Peusangan Dr H Amiruddin Idris SE MSi, serta ratusan undangan lainnya.(*)

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved