Pemilu 2019

KIP Aceh Besar Bekali Relawan Demokrasi Terkait Pemilu 2019

Kehadiran sahabat relawan dapat membantu kerja KIP dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mempergunakan hak pilihnya pada hari H.

KIP Aceh Besar Bekali Relawan Demokrasi Terkait Pemilu 2019
Serambinews.com
KIP Galus melantik 55 Relawan Demokrasi (Relasi) di aula kantor KIP setempat, Kamis (24/1/2019) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menggelar bimbingan teknis (bimtek) terhadap 55 Relawan Demokrasi (Relasi) di Aula Guest House Green Paradiso Ajun Jempet, Aceh Besar, Jumat (25/1/2019).

Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fathillah SH MH menjelaskan kegiatan pembekalan itu untuk memberikan pemahaman dan penjelasan kepada relawan tentang tugas dan fungsi yang akan mereka geluti.

Baca: Anggota DPRA Bantu Sembako untuk Warga Kurang Mampu dan Nenek Uzur

Baca: Kejari Abdya Bidik Pembangunan Rumah Sederhana Senilai Rp 11 Miliar, Ini Pejabat yang Dipanggil

Baca: Dua Sepeda Motor Bertabrakan di Samalanga, Pengendara Luka Parah

"Hal ini perlu agar nantinya mereka siap diterjunkan ke masyarakat untuk menyosialisasikan tentang pentingnya mempergunakan hak pilihnya pada Pemilu yang dilaksanakan April 2019," katanya.

Ia berharap kehadiran sahabat relawan dapat membantu kerja KIP dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mempergunakan hak pilihnya pada hari H.

Cut Agus menambahkan, tujuan dibentuknya relawan demokrasi untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda kepemiluan.

"Relawan memiliki peran sebagai mitra KIP dalam menjalankan agenda sosialisiasi dan pendidikan pemilih untuk suksesnya pemilu," kata Cut Agus.

Pada bimtek itu, relawan demokrasi diberikan materi mulai dari persoalan daftar pemilih dalam pemilu, teknis dan informasi penyelenggaraan pemilu, pentingnya pemilu dan menangkal hoax, pemilu dan demokrasi, hingga kode etik relawan demokrasi.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved