Sel Darah Putih Pasien Tumor Asal Simeulue Terlalu Tinggi, Ini yang Dilakukan Dokter

Pasien rujukan dari RSUD Simeulue itu masuk RSUDZA Banda Aceh pada 22 Januari 2019 dan dirawat di Ruang Raudah 4 Kamar 6.

Sel Darah Putih Pasien Tumor Asal Simeulue Terlalu Tinggi, Ini yang Dilakukan Dokter
Dok. pribadi
Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUDZA, Dr dr Endang Mutiawati SpS (K)

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Darson (30), pasien suspek tumor ganas dari Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue masih dalam penanganan intensif tim medis Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Informasi yang diterima Serambinews.com, hingga Jumat (25/1/2019) malam kondisi Darson relatif stabil.

Pasien rujukan dari RSUD Simeulue itu masuk RSUDZA Banda Aceh pada 22 Januari 2019 dan dirawat di Ruang Raudah 4 Kamar 6.

Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUDZA, Dr dr Endang Mutiawati SpS (K) yang ditanyai Serambinews.com mengatakan, kondisi Darson, pasien rujukan dari RSUD Simeulue relatif stabil namun tetap dalam penangagan insentif.

Baca: Darson, Warga Miskin dari Simeulue Berjuang Melawan Tumor Ganas

Menurut Endang, berdasarkan keterangan dr Noerfaisal Darmi yang SpB(K)Onk menanganinya, sel darah putih dalam sel darahnya sangat tinggi sehingga harus diturunkan dulu dengan obat anti-infeksi sebelum diambil tindakan.

Baca: Warga Miskin Asal Simeulue Ini Harapkan Bantuan Melawan Tumor yang Dideritanya

Dijadwalkan pada hari Senin (28/1/2019) di-biopsi (pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium) dan selanjutnya berdasarkan biopsi akan dilakukan tindakan yang sesuai.

"Kalau langsung dioperasi akan berbahaya terjadi penyebaran sel-sel tumor," ujar dr Endang.

Baca: Bocah Miskin Diserang Tumor Ganas

Seperti diberitakan, Darson (30), warga miskin asal Desa Padang Unoi, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue akibat didera tumor ganas sejak beberapa bulan lalu.

Tak cukup sampai di situ, sang istri yang sedang mengandung anak keduanya yang seharusnya menjadi teman berbagi duka ternyata juga harus berjuang melawan penyakit hipertensi yang tak pernah mendapat penanganan medis.

"Tumornya suspek ganas karena baru lima bulan sudah membesar," begitu kata Direktur Utama RSUD Simeulue, dr Farhan kepada wartawan menanggapi kondisi Darson menjelang dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh beberapa hari lalu. (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved