Breaking News:

Pembunuhan

Wanita Ini Dibunuh karena Pergoki Pencuri di Rumahnya, 5 Hari Terungkap Ternyata Pelakunya Tetangga

Belakangan terungkap bahwa janda satu anak ini tewas dibunuh oleh tetangganya sendiri, ES, yang ketahuan saat mencuri di rumah korban.

KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH
ES, pelaku pembunuh korban Sumilah ditangkap jajaran Satreskrim Polres Sumedang 5 hari pasca kejadian, Senin (28/1/2019). 

SERAMBINEWS.COM, SUMEDANG - Seorang wanita bernama Sumilah (57), ditemukan tewas bersimbah darah di rumahnya di Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sumilah ditemukan tak bernyawa di rumahnya pada Senin (21/1/2019) dini hari.

Belakangan, terungkap bahwa janda satu anak ini tewas dibunuh oleh tetangganya sendiri, ES, yang ketahuan saat mencuri di rumah korban.

Dilansir Serambinews.com dari Kompas.com, identitas pria berinisial ES diketahui berdasarkan penyelidikan dan keterangan saksi, yaitu warga yang sedang melakukan ronda.

Tersangka ES kepada polisi mengaku terpaksa membunuh korban yang tak lain tetangga dekatnya, karena ketahuan saat mencuri.

"Awalnya saya hanya niat mencuri karena terlilit kebutuhan hidup (ekonomi). Saya tahu korban di rumahnya tinggal sendiri, dan saya tahu keadaan rumahnya karena pernah bekerja (ngecet) di rumah itu," ujarnya kepada Kompas.com di Mapolres Sumedang, Senin (28/1/2019).

Baca: Wanita di Aceh Timur Dirampok Saat Hendak Shalat Subuh Berjamaah ke Masjid, Begini Kejadiannya

Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, Sumilah dihabisi ES karena pelaku beralasan terdesak kebutuhan ekonomi.

"Jadi sebelumnya korban telah merencanakan untuk mencuri di rumah korban. Namun, saat beraksi, korban terbangun dan mengenali pelaku ES. Korban saat itu memanggil nama pelaku sehingga pelaku panik," ujarnya didampingi Kasatreskrim AKP Dede Iskandar seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca: Skandal Cinta Terlarang di Aceh Utara, Kenal di FB, 3 Kali Tidur Seranjang dan Rencanakan Pembunuhan

Karena panik identitasnya diketahui korban, kata kapolres, pelaku lantas membekap korban dan memukulnya dengan tangan kosong hingga korban tidak sadarkan diri.

"Pelaku ES sebelumnya telah merencakan aksi pencurian di rumah korban. Pelaku masuk ke dalam rumah melalui atap bagian belakang rumah dengan cara membuka 10 buah genteng," tuturnya.

Baca: Wanita Muda Tewas Dibunuh, Lalu Diperkosa Sejumlah Laki-laki, Dimasukkan ke Karung dan Dibakar

Kapolres menuturkan, di dalam rumah, pelaku mencuri dua bungkus rokok di warung, kemudian menguras isi dompet korban, Rp300.000 di dalam lemari pakaian.

"Pada saat pelaku membuka lemari kayu itulah korban terbangun," katanya.

Pelaku ES, lanjut kapolres, ditangkap 5 hari setelah kejadian. Pelaku ditangkap di rumahnya yang tak jauh dari lokasi rumah korban.

Baca: Usai Bunuh dan Bakar Pacarnya, Asri Serahkan Diri ke Polisi setelah Diteror Arwah Korban

Pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti dari pelaku di antaranya 1 lembar kuitansi pembelian emas berikut 1 buah dompet berwarna hijau bertuliskan Toko Mas Gelatik.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved