4 PTKIN Terima 8.956 Mahasiswa

Empat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Aceh, masing-masing UIN Ar-Raniry, IAIN Lhokseumawe

4 PTKIN Terima 8.956 Mahasiswa
IST

* UIN Ar-Raniry Paling Banyak

BANDA ACEH - Empat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Aceh, masing-masing UIN Ar-Raniry, IAIN Lhokseumawe, IAIN Langsa, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, tahun ini akan menerima 8.956 mahasiswa baru. Dari keempat PTAIN tersebut, UIN Ar-Raniry yang paling banyak menerima mahasiswa, yakni 5.106 orang.

Informasi itu dihimpun Serambi sejak kemarin siang hingga tadi malam dari Kepala Bagian Akademik pada Biro Administrasi Akademik, Kerja Sama, dan Kelembagaan (AAKK)Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Fadhli MPd; Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr Hafifuddin; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Langsa, Dr Basri Ibrahim MA; dan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Inayatillah MAg.

Dari Fadhli MPd diperoleh informasi bahwa hanya UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri yang disebut juga dengan PMB Lokal.

Dari 5.106 calon mahasiswa yang diterima UIN Ar-Raniry tahun ini, yang paling banyak adalah melalui jalur PMB Lokal, yakni 1.532 orang, disusul jalur UM-PTKIN 1.206 orang, SPAN-PTKIN 905 orang, SBMPTN 836 orang, dan terakhir jalur SNMPTN 627 orang.

Sedangkan ketiga PTKIN lainnya, hanya membuka tiga jalur untuk penerimaan mahasiswa baru, yakni jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri.

Dari tiga PTN di lingkungan Kementerian Agama RI itu, IAIN Lhokseumawe tercatat sebagai PTN di luar UIN yang menerima calon mahasiswa paling banyak, yakni mencapai 1.640 orang, disusul IAIN Langsa 1.400 orang, dan STAIN Tgk Dirundeng 810 orang.

Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr H Hafifuddin secara terpisah menyebutkan dari kuota penerimaan 1.640 orang itu, untuk jalur pertama melalui SPAN-PTKIN dan jalur SPAM-PTKIN, diterima masing-masing 30 persen. “Kalau 30 persen melalui jalur ini jumlah mahasiswa yang akan tertampung 465 mahasiswa,” ujar Rektor IAIN Lhokseumawe.

Sedangkan melalui jalur UM-PTKIN, IAIN Lhokseumawe akan menerima 683 mahasiswa baru. “Jalur ini lebih banyak, karena kuota yang diterima mencapai 40 persen,” katanya.

Sedangkan untuk jalur selanjutnya adalah seleksi lokal atau yang lebih dikenal dengan istilah ujian mandiri. Melalui jalur ini akan diterima 492 mahasiswa baru. Seluruh mahasiswa baru yang akan diterima IAIN Lhokseumawe tahun ini di 18 prodi yang tersebar di empat fakultas: Ushuluddin, Adab, dan Dakwah; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dan Fakultas Syariah dan Hukum.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved